Calon Lebih dari Lima, Balon Kades Kuala Tolam Diseleksi

Calon Lebih dari Lima, Balon Kades Kuala Tolam Diseleksi
Bakal calon kepala Desa Kuala Tolam Kecamatan Pelalawan sedang mengikuti uji materi tertulis sebagai salah satu syarat untuk lolos menjadi calon kades. Seleksi ini digelar di ruang kerja Kabag Tapem Drs Hadi Penandio ,M.Si, Jumat (28/9/2012).
Jum'at, 28 September 2012 15:58 WIB
Penulis: Wawan
PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Bursa calon kepala desa Desa Kuala Tolam Kecamatan Pelalawan ternyata cukup banyak. Karena yang diperbolehkan hanya lima orang, namun yang mendaftar enam orang, akhirnya harus dilakukan seleksi. Seleksi yang dilakukan berupa ujian tertulis dan skill berpidato. Jika lolos test, dipastikan mereka berhak mengikuti Pilkades yang diagendakan Nopember mendatang.


''Test ini dilaksanakan karena pihak panitia Pilkades Kuala Tolam minta bantu ke Tapem untuk pelaksanaan tes ini. Ini disebabkan jumlah bakal calon kades lebih dari lima orang. Selain itu, kita juga maklum dengan keterbatasan yang ada di desa,'' terang Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setkab Pelalawan Drs Hadi Penandio, M.Si Jumat (28/9/2012). Enam bakal calon kepala desa mengikuti seleksi yang dilaksanakan di ruangan Kabag Tapem ini masing-masing Zulkifli Z, Sahrizal AS, Zukri, Kamaruddin A, Abdullah Sani dan Samsir S.


Menurut Kabag Tapem, dilaksanakannya tes bagi bakal calon kepala desa ini sesuai amanat Perda Kabupaten Pelalawan Nomor 19 Tahun 2001 pasal 8 menyebutkan apabila dalam tahapan penyaringan ternyata balon lebih dari 5, maka panita melaksanakan penjaringan untuk memperoleh balon.


''Salah satunya melalui seleksi yang dilakukan oleh panitia seperti hari ini. Ya kita cuma membantu saja, hasil tes nantinya diserahkan semuanya pada panitia dan panitia pula yang menetapkan siapa saja yang menjadi calon sesuai dengan persyaratan lainnya,''ungkap Hadi Penandio.


Test dilaksanakan dua sesi, yakni tes tertulis meliputi pengetahuan tentang Pancasila dan kewarganegaraan, pemerintahan desa dan pengetahuan umum. ''Tes ini selain pilihan objektif, esai juga soalan studi kasus dengan waktu 1,5 jam. Lalu paroh kedua para balon kades ini dites kemampuan mereka dalam berpidato dengan materi dan tema berbeda. Pidato ini tentu sangat penting, karenan kades terpilih nantinya menjadi corong pemerintah dalam menyampaikan berbagai program pembangunan di desanya,'' papar Hadi.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Teknis Pilkades Desa Kuala Tolam Edi Jasman menyebutkan, setelah mendapatkan hasil test kemampuan para balon ini, maka tahapan berikutnya panitia akan menetapkan calon yang berhak mengikuti pesta demokrasi tingkat desa yang direncanakan paling lambat dilaksanakan awal Nopember mendatang.


Pilkades 2012 ini akan memperebutkan suara dari 800 warga yang mengantongi hak suaranya. ''Sampai sekarang DPT belum ditetapkan, namun perkiraan sementara seperti Pilkades sebelumnya jumlah pemilih tetap lebih kurang 800 jiwa,'' paparnya.(kst)

Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/