Program Pengembangan Nagari Binaan UNP

Pengembangan Desa Wisata Nagari Harau Terus Digenjot

Pengembangan Desa Wisata Nagari Harau Terus Digenjot
Jum'at, 09 Oktober 2020 20:23 WIB
LIMAPULUH KOTA - Setiap tahun Universitas Negeri Padang (UNP) selalu memfasilitasi tenaga pengajar (dosen) dalam mengimplementasikan pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai skema, salah satunya adalah skema Program Pengembangan Nagari Binaan (PPNB). Pengembangan Desa Wisata Nagari Harau “Maimbau Pulang” merupakan salah satu kegiatan PPNB UNP di Kabupaten Limapuluh Kota yang diketuai oleh Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Dra.Ernawati, M.Pd., Ph.D, sekaligus sebagai putri daerah Harau yang tahun kelima melaksanakan pengabdian di Nagari Harau.

Secara resmi kegiatan pengabdian PPNB UNP di Nagari Harau dibuka di aula kantor Nagari Harau oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Nengsi, S.Pd., M.Pd. Acara ini dihadiri oleh seluruh tim pengabdi, Wali Nagari Harau, Syukriandi, SHI dan masyarakat pengelola destinasi yang ada di Nagari Harau. Pada kesempatan tersebut ketua tim pengabdi menyampaikan harapannya kepada pemerintah nagari dan masyarakat untuk senantiasa bekerjasama dalam mengembangkan Nagari Harau sebagai nagari wisata. Karena banyak potensi yang dapat untuk dikembangkan.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Yuliana, S.P., M.Si juga memaparkan materi terkait tata kelola destinasi wisata. Penting sekali adanya kejelasan pengelolaan di setiap destinasi yang ada sehingga sesuai dengan aturan dan konsep perencanaan destinasi yang telah ditentukan yang dilaksanakan secara terpadu dengan peran serta masyarakat, akademisi dan pemerintah, ungkapnya.

Pada kesempatan lain, tim pengabdi mengadakan pelatihan dan pendampingan kepada pengelola destinasi Aia Malanca Jorong Landai Nagari Harau. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 20 September 2020 lalu ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang ada di sekitar Aia Malanca Jorong Landai agar dapat bersama-sama aktif dalam mengelola dan mengembangkan Aia Malanca mrenjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi.

Pelatihan ini dihadiri oleh Staf Nagari, Fadel, Wali Jorong dan para pemuda pengelola Aia Malanca. Pada pelatihan ini, masyarakat juga diimbau agar lebih sadar dan peka akan potensi wisata yang dimiliki daerah mereka, dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Nagari Harau menjadi lebih sejahtera dengan kunjungan yang angkanya terus meningkat setiap tahunnya.(**)

Editor:Jontra
Kategori:Ragam
GoSumbar.com Isteri Petani di Kapelgam Pessel Ini Dilatih Mengolah Semangka Afkir Menjadi Aneka Produk Olahan Makanan
GoSumbar.com Masyarakat Kanagarian Harau Limapuluh Kota Diberikan Pelatihan Kuliner Halal Berbahan Baku Lokal Berbasis Revolusi Industri 4.0
GoSumbar.com Ciptakan Peluang Kerja, Remaja Putri Beserta Ibu-ibu di Maninjau Ini Diberikan Pelatihan Tata Rias dan Mahendi
GoSumbar.com Bangun Kemitraan, Ini yang Dilakukan Tim PKM PTK FPP - UNP di Tanjung Pauh Payakumbuh
GoSumbar.com Harau Menuju Nagari Wisata Berkembang
GoSumbar.com Penampilan Atraksi Wisata, Turut Andil dalam Pemberdayaan Pemuda di Sungai Janiah Baso Agam
GoSumbar.com Penampilan Atraksi Wisata, Turut Andil dalam Pemberdayaan Pemuda di Sungai Janiah Baso Agam
GoSumbar.com UNP dan Pemko Solok Launching Destinasi Wisata Baru Payo Nature
GoSumbar.com UNP dan Pemko Solok Launching Destinasi Wisata Baru Payo Nature
GoSumbar.com Wujudkan Destinasi Wisata, UNP Berikan Pelatihan untuk Operator Web Ikan Sakti Sungai Janiah Baso Agam
GoSumbar.com Tim FPP - UNP Genjot Perekonomian Masyarakat Gunung Rajo dengan Program Kemitraan Masyarakat
GoSumbar.com Ini yang Dilakukan FPP UNP untuk Masyarakat Kawasan Ikan Sakti Sungai Janiah Baso
GoSumbar.com Beginilah Ulasan Perbedaan dan Persamaan antara UN, PISA dan TIMSS
GoSumbar.com Benarkah Olimpiade Matematika Bisa Siapkan Generasi Cemerlang, Ini Ulasannya
GoSumbar.com Ternyata Ini Rahasia Sukses RM Lamun Ombak Kota Padang
GoSumbar.com Dibayangi Harimau Sumatera, Pembukaan Jalan di Jorong Sitingkai Palupuh Agam oleh TNI dan Rakyat Tetap Berjalan Sesuai Rencana
GoSumbar.com Advan Rilis All-in-One PC dengan Desain Stylish yang Bisa Upgrade Memori
GoSumbar.com Budaya Makan Lontong Berlauk Rendang Saat Idul Fitri Dongkrak Harga Daging Sapi di Pekanbaru
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/