Penumpang Buka Pintu Darurat, Wings Air Tertunda Berangkat Hampir 3 Jam

Penumpang Buka Pintu Darurat, Wings Air Tertunda Berangkat Hampir 3 Jam
Pesawat Wings Air di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, 25 September 2016. (tempo.co)
Minggu, 09 Februari 2020 15:53 WIB
BALIKPAPAN - Gara-gara ulah penumpang membuka pintu darurat, keberangkatan Wings Air dengan nomor IW-1478 dari Balikpapan menuju Malinau tertunda 165 menit atau hampir 3 jam, Sabtu (8/2//2020).

Dikutip dari tempo.co, pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WHY seharusnya mengudara dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur ke Bandar Udara Robert Atty Bessing, di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara pada Sabtu pagi (8/2/2020), pukul 08.15 WITA.

''Penerbangan IW-1478 sudah dipersiapkan dengan baik. Wings Air mengoperasikan ATR 72-600 registrasi PK-WHY dengan empat awak pesawat serta akan menerbangkan 43 tamu atau penumpang,'' ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Ahad (9/2/2020).

Danang mengatakan bahwa ketika proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat, salah satu penumpang laki-laki berinisial PMP, tiba-tiba membuka jendela darurat bagian kanan. Sesuai lembar masuk pesawat, pria berusia 30 tahun itu duduk di kursi nomor 1F.

''Atas kondisi tersebut, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan. Awak pesawat dan teknisi berkoordinasi guna pengecekan lebih lanjut,'' tutur Danang.

Akibatnya, penerbangan pun molor hampir 3 jam. Berikutnya, sesuai dengan standar operasi, pilot menginformasikan kepada petugas layanan darat dan petugas keamanan agar segera melakukan penanganan kepada PMP.

Pria tersebut pun diserahkan kepada kepolisian dan otoritas bandar udara untuk diperiksa dan diproses lebih lanjut.

Penerbangan IW-1478 telah diberangkatkan pada 11.00 WITA dengan menggunakan pesawat Wings Air yang lain yaitu registrasi PK-WGO. Pesawat sudah tiba di Malinau pukul 12.30 WITA.

Danang memastikan bahwa seluruh operasional pesawat mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan. Karena itu, Wings Air mewajibkan kepada seluruh penumpang untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat di darat serta sedang mengudara.

''Tindakan yang dilakukan oleh penumpang indisipliner atau unruly/ disruptive passenger akan mendapatkan sanksi tegas dan memiliki konsekuensi hukum,'' ujar dia. ***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/