Menteri Keuangan Era Orde Baru JB Sumarlin Tutup Usia

Menteri Keuangan Era Orde Baru JB Sumarlin Tutup Usia
JB Sumarlin. (sinarharapan.co)
Kamis, 06 Februari 2020 18:15 WIB
JAKARTA - Menteri Keuangan era Orde Baru, JB Sumarlin dikabarkan meninggal dunia hari ini, Kamis (6/2/2020), pukul 14.15 WIB.

Dikutip dari merdeka.com, JB Sumarlin menghembuskan napas terakhirnya saat dirawat di Rumah Sakit Saint Carolus, Jakarta, dalam usia 87 tahun.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti menyampaikan, JB Sumarlin dikenal sebagai sosok yang sering melakukan sejumlah terobosan untuk mengatasi tantangan dan permasalahan ekonomi Indonesia.

Gebrakan Sumarlin I berupa pengetatan moneter berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi, bahkan melebihi target di tahun 1988. Sementara itu, Gebrakan Sumarlin II di tahun 1992 mampu menurunkan laju inflasi.

''Beliau adalah begawan ekonomi dan pejuang bangsa yang telah memberi terang pada masa-masa sulit Indonesia. Jasanya akan selalu dikenang, dan baktinya akan menjadi inspirasi seluruh bangsa. Sebagai penjaga keuangan negara, kami akan meneruskan fondasi yang telah dibangun beliau bersama para pendahulu, untuk membangun pilar-pilar pelayanan kepada rakyat,'' tulis Nurfansa di laman facebooknya, Kamis (6/2).

Nurfansa menilai sampai di penghujung usianya, JB Sumarlin masih aktif menyumbangkan pemikiran terhadap ekonomi Indonesia. Beliau, kata, Nurfansa meyakini bahwa nilai-nilai dan kearifan Indonesia perlu diterapkan secara langsung pada sistem ekonomi, serta sektor-sektor strategis perlu dikuasai negara untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

JB Sumarlin pernah meraih penghargaan Menteri Keuangan terbaik tahun 1989 dari Euromoney dan tahun 1990 dari majalah Asia. Beliau juga pemegang anugerah Bintang Mahaputra Adiprana III dari Presiden Soeharto di tahun 1973, serta Bintang Grootkruis in de Orde van Leopold II dari pemerintah Belgia tahun 1975.

Jenazah JB Sumarlin akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi lantai 36 pukul 18.00 WIB. Rencananya, JB Sumarlin akan dimakamkan di San Diego Hills pada Senin 10 Februari 2020.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/