Harau Menuju Nagari Wisata Berkembang

Harau Menuju Nagari Wisata Berkembang
Koordinasi Universitas Negeri Padang (UNP) dengan perangkat Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota untuk persiapan Menuju Nagari Wisata Berkembang.
Jum'at, 01 November 2019 22:59 WIB
LlMAPULUH KOTA - Nagari Harau, yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota merupakan salah satu nagari yang dibina oleh Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Program Pengembangan Nagari Binaan. Pembinaan itu saat ini sudah memasuki tahun ketiga. Terkait dengan adanya pengembangan nagari menjadi Nagari Wisata, tim pengabdi UNP yang diketuai oleh Dra. Ernawati, M.Pd., Ph.D terus menjajaki semua prosedur untuk mewujudkan hal itu, dan mengupayakan agar Nagari Harau termasuk dalam kategori Nagari Wisata.

Alasan utama menjadikan Nagari Harau sebagai nagari wisata karena nagari ini memiliki potensi keunikan daya tarik wisata yang khas, dengan komunitas masyarakatnya yang mampu menciptakan perpaduan berbagai daya tarik wisata dan semua fasilitas pendukungnya untuk menarik kunjungan wisatawan termasuk di dalamnya Kampung Wisata karena akses keberadaannya yang sangat dekat dengan kota.

Persiapan yang dilakukan untuk menjadikan Harau sebagai Nagari Wisata juga telah dilakukan dalam 3 tahun ini, dengan memberikan berbagai kegiatan termasuk pengadaan sarana belanja seperti café yang representative, demikian diungkapkan oleh Ernawati pada saat datang ke kantor Wali Nagari Harau.

Wali Nagari Harau, Syukriandi, S.Ag. sangat menyambut baik ide ini. Kondisi ini juga didukung oleh adanya pembangunan fasilitas Homestay di Harau yang pendanaannya juga dari pemerintah pusat melalui dari Kementerian Desa.

Dukungan pemerintah daerah setempat dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan semua program yang digulirkan di Harau. Hal ini terlihat dengan intensnya tim pengabdi dalam melakukan koordinasi dengan staf nagari termasuk dengan para Wali Jorong yang ada di kawasan sekitarnya, ucap Syukriandi.

Lebih lanjut Ernawati juga mengemukakan bahwa harapannya pada tahun 2019 ini dapat mengembangkan Nagari Harau menjadi lebih baik.

Pelatihan tata kelola destinasi wisata maupun kuliner yang diberikan oleh tim pengabdi UNP sangat menunjang tercapainya harapan tersebut.(**)

Editor:Jontra
Kategori:Ragam
GoSumbar.com Pengembangan Desa Wisata Nagari Harau Terus Digenjot
GoSumbar.com Staf Nagari Maninjau Agam Mendapatkan Pelatihan TIK dari UNP
GoSumbar.com Lagi, Tim Pengabdi FPP UNP Lakukan Program Pengembangan Nagari Binaan di Kawasan Agrowisata Payo Solok
GoSumbar.com Isteri Petani di Kapelgam Pessel Ini Dilatih Mengolah Semangka Afkir Menjadi Aneka Produk Olahan Makanan
GoSumbar.com Masyarakat Kanagarian Harau Limapuluh Kota Diberikan Pelatihan Kuliner Halal Berbahan Baku Lokal Berbasis Revolusi Industri 4.0
GoSumbar.com Ciptakan Peluang Kerja, Remaja Putri Beserta Ibu-ibu di Maninjau Ini Diberikan Pelatihan Tata Rias dan Mahendi
GoSumbar.com Bangun Kemitraan, Ini yang Dilakukan Tim PKM PTK FPP - UNP di Tanjung Pauh Payakumbuh
GoSumbar.com Lucu, yang Dilantik Jadi Rektor UI Ari Kuncoro, Karangan Bunga Ucapan Selamat dari Unpad Malah untuk Saleh Husin
GoSumbar.com Penampilan Atraksi Wisata, Turut Andil dalam Pemberdayaan Pemuda di Sungai Janiah Baso Agam
GoSumbar.com Penampilan Atraksi Wisata, Turut Andil dalam Pemberdayaan Pemuda di Sungai Janiah Baso Agam
GoSumbar.com UNP dan Pemko Solok Launching Destinasi Wisata Baru Payo Nature
GoSumbar.com UNP dan Pemko Solok Launching Destinasi Wisata Baru Payo Nature
GoSumbar.com Wujudkan Destinasi Wisata, UNP Berikan Pelatihan untuk Operator Web Ikan Sakti Sungai Janiah Baso Agam
GoSumbar.com Tim FPP - UNP Genjot Perekonomian Masyarakat Gunung Rajo dengan Program Kemitraan Masyarakat
GoSumbar.com Ini yang Dilakukan FPP UNP untuk Masyarakat Kawasan Ikan Sakti Sungai Janiah Baso
GoSumbar.com Beginilah Ulasan Perbedaan dan Persamaan antara UN, PISA dan TIMSS
GoSumbar.com Benarkah Olimpiade Matematika Bisa Siapkan Generasi Cemerlang, Ini Ulasannya
GoSumbar.com Ternyata Ini Rahasia Sukses RM Lamun Ombak Kota Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/