Kekayaannya Rp68,8 Triliun pada 2015, Miliarder Cantik Ini Kini Bangkrut, Bayar Pengacara Pun Tak Mampu

Kekayaannya Rp68,8 Triliun pada 2015, Miliarder Cantik Ini Kini Bangkrut, Bayar Pengacara Pun Tak Mampu
Elizabeth Holmes. (wikipedia)
Rabu, 09 Oktober 2019 17:51 WIB
CALIFORNIA - Elizabeth Holmes yang tahun ini berusia 35 tahun sempat tercatat sebagai salah satu wanita terkaya di dunia, dengan kekayaan Rp68,8 triliun. Namun kini, wanita cantik ini sudah bangkrut dan terancam dipenjara.

Dikutip dari dream.co.id, Holmes sempat dikenal sebagai penemu muda yang membawa revolusi teknologi ke ranah uji darah. Lewat mesin temuannya, Holmes mengklaim bisa melakukan uji laboratorium dengan setetes darah saja. Alat tes darah yang diberi nama Edison itu diproduksi oleh Theranos, sebuah startup yang dia dirikan pada tahun 2003.

Kala itu, usia Holmes masih sangat belia, baru 19 tahun. Seperti idolanya, Steve Jobs, wanita pirang ini juga akhirnya memutuskan keluar dari kampusnya, Stanford, demi mengejar inovasi.

Pada tahun 2015, Holmes menjadi miliarder dengan kekayaan US$4,5 miliar, kini setara Rp68,8 triliun. Namun pada tahun itu pula Wall Street Journal mengungkap sejumlah keganjilan pada Theranos, terutama karena hasil uji lab Theranos meragukan secara ilmiah, apalagi perusahaan itu tak transparan pada teknologi mereka.

Holmes memang sempat melawan tudingan negatif, tapi skandal Theranos ternyata semakin berkembang. FBI pun turun tangan dan berujung pada penutupan perusahaan pada tahun 2019.

Elizabeth Holmes pun menjadi tersangka penipuan. Kini, wanita itu bahkan tak bisa menyewa pengacara karena masalah keuangan.

Menurut CNBC, Kantor pengacara Cooley LLP akhirnya menghentikan jasa mereka ke Elizabeth. Mereka bahkan pasrah karena tak bisa mendapatkan bayaran.

''Mengingat situasi finansial Nona Holmes saat ini, Cooley (kuasa hukum) tidak memiliki ekspektasi bahwa Nona Holmes akan bisa membayar jasa-jasa kami,'' ujar pihak Cooley yang ternyata sudah setahun tak mendapat bayaran.

Terancam 20 Tahun Penjara

Pekan lalu, Holmes dan Sunny Balwani (54) kembali menghadiri pengadilan San Jose, California. Sunny merupakan Presiden Theranos yang juga memadu kasih dengan Holmes selama menjabat di Theranos.

Mantan miliarder ini terjerat sembilan kasus tuduhan skema penipuan dan dua kasus konspirasi skema penipuan. Holmes dan Sunny terancam 20 tahun penjara.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/