Hingga 100 Hari Wafatnya Ainun, Habibie Datangi Pusaranya Setiap Hari

Hingga 100 Hari Wafatnya Ainun, Habibie Datangi Pusaranya Setiap Hari
BJ Habibie dan Ainun. (lp6c)
Kamis, 12 September 2019 14:42 WIB
JAKARTA - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Rabu (11/9) senja.

Selain dikenal sebagai tokoh yang mengharumkan nama Indonesia di dunia dengan prestasinya, Habibie juga dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai istrinya, Hasri Ainun Besari.

Dikutip dari liputan6.com, kecintaan Habibie terhadap Ainun tak lekang waktu meski maut memisahkan keduanya. Habibie kerap berziarah ke makam Ainun setiap Jumat. Hal tersebut diceritakan petugas TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Saudi.

''Pak Habibie ini sangat ramah orangnya. Setiap Jumat biasanya datang ke makam Ibu Ainun,'' ujar Saudi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Saudi mengatakan, Habibie kerap berlama-lamaan di TMP Kalibata. Setiap berziarah, Habibie sering menghabiskan waktu selama dua jam duduk dan berdoa di pusara sang istri.

''Biasanya datang sekitar jam 08.00 WIB, hampir dua jam lah. Biasanya tahlilan, doa, dan tabur bunga,'' katanya.

Selama 100 hari kematian Ainun pada 2010 yang lalu, Habibie hampir setiap hari mengunjungi tempat peristirahatan terakhir sang istri.

''Setelah 100 hari pertama, baru satu minggu sekali setiap hari Jumat. Pak Habibie selalu mengalungkan tasbih di nisan ibu Ainun,'' ucap dia.

Dimakamkan di Samping Ainun

Habibie akan dimakamkan bersebelahan dengan sang istri tercinta, Ainun Habibie, di TMP Kalibata pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Sementara di sebelah kanannya, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie ada makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan pukul 12.30 WIB.

Kemudian, jenazah akan diberangkatkan pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

''13.30 prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata,'' kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019).***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/