Tersedak Bisa Membunuh, Begini Cara Tepat Mengatasinya, Bukan Menepuk Punggung dan Minum Air

Tersedak Bisa Membunuh, Begini Cara Tepat Mengatasinya, Bukan Menepuk Punggung dan Minum Air
Ilustrasi cara mengatasi tersedak. (hellosehat)
Senin, 02 September 2019 13:08 WIB
JAKARTA - Jangan sepele dengan tersedak, sebab bisa menyebabkan kematian (membunuh) karena tersumbatnya saluran pernapasan.

Selama ini banyak yang melakukan tindakan menepuk-nepuk punggung dan meminumkan air kepada seseorang yang tersedak. Cara itu dianggap bisa mengatasi tersedak. Padahal, kedua cara itu justru akan memperparah kondisi tersedak.

''Menepuk-nepuk punggung bisa mencederai korban. Hal ini akan memperparah tersedak,'' kata dokter spesialis paru Dicky Soehardiman dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, ditulis Senin (2/9/2019), seperti dikutip dari liputan6.com.

''Penambahan cairan (pemberian minum air) akan membloking keluarnya benda asing yang membuat korban tersedak. Korban bisa saja mengalami gangguan koordinasi dan penurunan kesadaran. Air juga bisa masuk paru-paru. Ini bisa berbahaya dan menambah kegawatdaruratan pada korban tersedak,'' lanjut Dicky.

Pertolongan yang Tepat

Pertolongan pertama yang tepat untuk orang yang tersedak adalah dengan teknik abdominal thrusts. Teknik ini disebut juga heimlich maneuver, yang mana cara menekan area ulu hati secara kuat untuk mengeluarkan sumbatan benda asing.

''Tekniknya, kita berada di belakang korban, lalu tangan melingkari tubuh korban. Ya, kita memeluk korban dari belakang. Saat memeluk itu, satu tangan kita mengepal, jempol menekan di atas udel (pusar). Kita tekan itu. Ini untuk meningkatkan diafragma sehingga benda asing dapat keluar. Lakukan berkali-kali,'' Dicky menambahkan.

Upaya tersebut akan mengeluarkan sumbatan benda asing pada saluran pernapasan. Jika cara tersebut tidak berhasil, minta bantuan segera kepada medis atau orang yang ahli, seperti petugas sosial dan pemadam kebakaran.

Mereka tentunya sudah terlatih menangani pertolongan pertama kepada orang yang tersedak.

''Kemampuan pertolongang pertama untuk orang tersedak saya pikir juga perlu dipelajari buat umum. Terutama sosialisasi teknik Heimlich maneuver tersebut,'' terang Dicky yang sehari-hari berpraktik di RS Persahabatan Jakarta.

Dicky Soehardiman menjelaskan, tersedak benda asing, seperti kacang, daging, buah, dan bakso dapat menyumbat saluran pernapasan.

''Saluran pernapasan bisa tersumbat total karena tersedak. Ini menyebabkan kematian kalau tidak dilakukan tindakan segera,'' jelas Dicky.

Fokus Saat Makan

Beberapa benda asing yang sering mengakibatkan tersedak, yakni jarum pentul, kacang, mainan anak yang berukuran kecil. Namun, paling banyak kasus, menurut Dicky, tersedak karena makanan.

Untuk mencegah tersedak karena makanan, Dicky menyarankan fokus saat makan, tidak sambil melakukan kegiatan lain. 

''Kita sebenarnya tidak dianjurkan makan sambil multitasking (melakukan aktivitas lain). Kalau makan ya di meja makan, konsentrasilah makan dengan tidak sambil bicara,'' sarannya. ***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77