Kebakaran Lahan Terjadi di Kawasan HTI Milik Sinarmas Group di Siak

Kebakaran Lahan Terjadi di Kawasan HTI Milik Sinarmas Group di Siak
Minggu, 04 Agustus 2019 23:53 WIB
PEKANBARU - Kebakaran lahan terjadi di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi anak perusahaan Sinarmas Group di Desa Dosan Kecamatan Pusako Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Untuk pananggulangan kebakaran di konsesi pemasok bahan baku perusahaan Indah Kiat Pull and Paper (IKPP), helikopter water bombing (bom air) dikerahkan.

Kebakaran di anak perusahaan Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas Group memasuki hari ketiga. Tim gabungan berjibaku melakukan pemadaman.

"Untuk wilayah Dosan banyak pihak yang melakukan memadamkan termasuk dari tim dari RPK (Regu Pemadam Kebakaran) perusahaan Arara Abadi. Kalau kita fokus pemadaman di Dayun," kata Komadan Daerah Operasi Manggala Agni Kabupaten Siak Ihsan Minggu (4/8/2019).

Sementara Humas Arara Abadi, Sinarmas Group, Nurul Huda tak membantah adanya kebakaran di konsesi mereka. Dia menyebutkan, konsesi yang terbakar saat ini dikuasai oleh warga dan dijadikan kebun sawit.

"Selama ini areal konsesi yang diduduki oknum masyarakat yang ditanami perkebunan sawit. Kita sudah melaporkan dan meminta agar pihak-pihak terkait dari desa termasuk kepolisian melakukan penyelidikan," jawab Nurul.

Dia menjelaskan, lahan Arara Abadi yang terbakar sedang diupayakan pemadaman total. Alhamdulillah api telah dikuasai dan sedang dilakukan pendinginan."Tim juga membuat sekat bakar memakai alat berat oleh tim darat dan heli water bombing agar api tidak merembet dan menjalar ke tanaman konsesi. Luasan yang terbakar sejauh ini saya belum tau. Nanti saya cari data kepada anggota," tegas Nurul.

Sementara itu akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah menyebabkan Riau dikepung asap. Ribuan warga Riau terpapar penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77