Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
Olahraga
24 jam yang lalu
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
2
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
Olahraga
24 jam yang lalu
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
3
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
Umum
22 jam yang lalu
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
4
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan
Umum
22 jam yang lalu
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan

Pertimbangkan 4 Hal Ini Bila Ingin Alih Profesi di Usia Tak Lagi Muda

Pertimbangkan 4 Hal Ini Bila Ingin Alih Profesi di Usia Tak Lagi Muda
Ilustrasi. (lp6c)
Senin, 15 Juli 2019 07:12 WIB
JAKARTA - Beralih profesi terkadang menjadi pilihan banyak orang untuk menjajal tantangan baru atau mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Sebagian orang bahkan memutuskan beralih profesi saat usianya tak lagi muda.

Dikutip dari liputan6.com, bila Anda termasuk orang yang berencana profesi, setidaknya ada empat hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti tips yang diberikan Swara Tunaiku berikut:

1. Ilmu Baru

Maksud ilmu baru ini adalah ilmu yang akan kamu terapkan dalam profesi yang baru. Apakah sudah cukup atau belum? Hal ini sangat penting agar kamu bisa bersaing dengan kompetitor yang memiliki misi sama dengan kamu. Oleh sebab itu, perbanyaklah ilmu mengenai profesi baru kamu.

Jangan sampai kamu beralih profesi, tapi ilmu yang kamu miliki di bidang ini masih pas-pasan. Akibatnya nanti, kamu sendiri yang kesulitan memasarkan diri atau mendapat perhatian dari bos baru.

2. Pilih Pekerjaan yang Berkaitan dengan Latar Belakang Pendidikan

Untuk aman, tak ada salahnya kamu memilih pekerjaan yang masih berkaitan dengan latar belakang pendidikan yang kamu miliki. Bila kamu dulu adalah teknisi, cobalah beralih ke profesi sebagai teknisi.

Dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang, setidaknya kamu tak akan merasa tertekan dalam menghadapinya.

Namun, kalau kamu memilih pekerjaan yang tak sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu, bukan berarti itu sebuah masalah. Boleh saja, tapi usahakan kamu memiliki skill tambahan yang dibutuhkan di pekerjaan baru tersebut sehingga kamu bisa mengembangkan diri dengan baik.

3. Manfaatkan Relasi

Untuk mulai bekerja di profesi yang baru, tak ada salahnya kamu memanfaatkan relasi. Kamu bisa mendapatkan info tentang pekerjaan baru dari jaringanmu yang luas. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan informasi mengenai profesi kamu yang baru. Tentunya, informasi tersebut adalah tentang karier.

Kumpulkanlah informasi sebanyak mungkin  tentang karier baru kamu. Jangan lupa untuk meningkatkan hubungan relasi kamu dengan teman lainnya untuk membangun relasi yang lebih kuat. Terlebih, bila alih profesi yang kamu lakukan adalah basis pengusaha.

4. Bersiap Menghadapi Risiko

Ketika kamu memutuskan untuk alih profesi, itu artinya kamu harus bersiap untuk mengambil risiko. Risiko paling besar yang bisa kamu hadapi dari alih profesi di usia yang tak lagi muda ini adalah kesulitan mendapatkan pekerjaan baru karena bersaing dengan orang lain yang lebih segar dan mungkin lebih berpengalaman di bidang tersebut.

Selain itu, kamu juga kemungkinan akan mendapatkan standar gaji yang tak setinggi profesi kamu sebelumnya. Kamu harus siap menghadapi semua ini. Namun, bukan berarti risiko itu harus kamu terima semua. Kamu bisa coba menghindarinya dengan terus mengasah keahlian baru yang kamu miliki selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

Dengan begitu, bila ada kesempatan datang untuk alih profesi, kamu bisa menekuni profesi baru tersebut sesuai dengan persiapan yang sudah kamu lakukan. Bila gaji yang akan kamu terima lebih rendah dibandingkan profesi yang lama, pastikan dulu kondisi keuangan kamu tak akan terganggu dengan hal ini. Kamu bisa bantu dengan cari kerja sampingan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan bila mau alih profesi di usia yang tak lagi muda. Alih profesi ini berarti kamu siap untuk memulai semua dari bawah lagi. Jadi, jangan berkecil hati bila apa yang kamu dapat tak sesuai dengan ekspekstasi yang dimiliki.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwww