Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
Olahraga
23 jam yang lalu
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
2
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
Olahraga
23 jam yang lalu
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
3
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
Olahraga
24 jam yang lalu
Hadiah Ramadan Milo Untuk Suporter Persis Solo
4
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
Olahraga
23 jam yang lalu
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
5
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
Umum
22 jam yang lalu
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
6
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan
Umum
21 jam yang lalu
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan

Penderita Asam Urat Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Penderita Asam Urat Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini
Ilustrasi daging. (lp6c)
Minggu, 07 Juli 2019 16:39 WIB
JAKARTA - Asam urat adalah produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Biasanya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan dibuang melalui urine.

Dikutip dari liputan6.com, asam urat bisa menumpuk dalam darah bila mengonsumsi terlalu banyak purin, atau jika tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat.

Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut encok. Peningkatan kadar asam urat juga berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal.

Asam urat juga dapat terkumpul dalam tubuh karena beberapa sebab. Ini termasuk dalam pola makan, genetik, obesitas dan stres. Makanan untuk penderita asam urat merupakan komponen penting untuk mengontrol asam urat dalam keadaan stabil.

Perubahan pola makanan untuk penderita asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ahli kesehatan sering merekomendasikan pola makan rendah purin untuk orang yang menderita asam urat, batu ginjal, atau gangguan serupa. Makanan untuk penderita asam urat ini meliputi asupan makanan dan minuman yang harus dihindari dan makanan alternatif tertentu yang perlu dikonsumsi.

Makanan untuk penderita asam urat dirancang untuk meringankan gejala penyakit tertentu, itu juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Menerapkan pola makanan untuk penderita asam urat ini bisa memperkecil risiko asam urat bertambah parah.

Berikut panduan pola makanan untuk penderita asam urat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Ahad (7/7/2019).

Makanan pemicu asam urat umumnya tinggi purin, suatu zat yang ditemukan secara alami dalam makanan. Ketika tubuh mencerna purin, tubuh menjadikan asam urat sebagai produk limbah. Ini bukan masalah bagi orang sehat, karena mereka secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh.

Namun, penderita asam urat tidak dapat secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat. Dengan demikian, makanan tinggi purin dapat membiarkan asam urat menumpuk dan menyebabkan serangan asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa membatasi makanan purin tinggi dapat mencegah serangan asam urat.

Makanan yang mengandung purin tingkat tinggi meliputi:

- Daging seperti daging sapi muda, daging rusa, dan bebek

- Daging merah

- Beberapa makanan laut, termasuk tuna, sarden, ikan teri, herring, kerang, codfish, scallop, trout, dan haddock.

- Daging organ, seperti hati, ginjal, dan usus.

Makanan dan minuman lain dapat mengubah cara tubuh mempertahankan atau menghilangkan asam urat. Seseorang harus secara signifikan membatasi atau menghindari makanan berikut untuk membantu proses purin tubuh lebih efektif:

- Makanan tinggi lemak: Lemak mengandung asam urat dalam ginjal, jadi seseorang harus menghindari makanan yang digoreng, produk susu penuh lemak, dan makanan tinggi lemak lainnya.

- Alkohol: Bir dan wiski tinggi purin, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa semua konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi, yang menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat.

- Minuman manis: Fruktosa adalah bahan dalam banyak minuman manis, termasuk jus buah dan soda, dan terlalu banyak mengonsumsi bahan membuat seseorang berisiko terkena encok akibat asam urat.

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 125.000 peserta menemukan bahwa orang yang mengonsumsi fruktosa paling tinggi memiliki risiko 62% lebih tinggi terkena asam urat.

- Selain itu, karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan kue kering harus dihindari. Meskipun tidak tinggi purin atau fruktosa, mereka rendah nutrisi dan dapat meningkatkan kadar asam urat.

Makanan yang baik untuk penderita asam urat

Ada banyak makanan rendah purin yang bisa Anda nikmati. Makanan dianggap rendah purin ketika mereka memiliki kurang dari 100 mg purin per 3,5 ons. Berikut adalah beberapa makanan rendah purin yang umumnya aman untuk penderita asam urat:

- Buah dan sayur

Makanan kaya vitamin C, seperti ceri, menunjukkan beberapa bukti yang berpotensi mengurangi serangan asam urat. Menariknya, penelitian belum menunjukkan sayuran purin tinggi untuk meningkatkan asam urat. Selain itu, sayuran kaya serat dan rendah kalori, yang dapat membantu Anda mengatur berat badan.

Memperhatikan asupan zat besi cukup bermanfaat bagi mereka yang menderita asam urat. Sebagian besar zat besi yang tersedia secara hayati ditemukan dalam sumber daging, tetapi makanan zat besi nabati mungkin memiliki pengaruh negatif terhadap asam urat.

- Kacang dan biji-bijian

Semua legum, kacang, dan biji-bijian, dan seluruh jenis olahannya aman dikonsumsi penderita asam urat. Kacang-kacangan adalah sumber protein yang sangat baik. Mengonsumsi sumber nabati ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian Anda, sambil memotong lemak jenuh yang ditemukan dalam purin tinggi, protein hewani.

- Produk susu

Produk susu aman dikonsumsi penderita asam urat. Tetapi produk susu rendah lemak tampaknya sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki asam urat. Banyak alternatif susu nabati tersedia jika Anda alergi susu sapi.

- Kafein

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak menderita asam urat. Sebagai contoh, analisis data 2010 dari peserta perempuan dalam Nurses 'Health Study menemukan bahwa risiko asam urat menurun ketika mengonsumsi kopi meningkat.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwww