Unik, Wanita Suku Ini Boleh Berganti 'Suami' Setiap Malam

Unik, Wanita Suku Ini Boleh Berganti Suami Setiap Malam
Wanita Suku Mosuo. (kumparan.com)
Selasa, 12 Februari 2019 18:05 WIB
JAKARTA - Suku Mosuo yang mendiami kaki Gunung Himalaya, di lembah Yunnan, barat daya China, menganut sistem sosial yang unik. Salah satu diantara keunikan tersebut adalah mereka tidak mengenal sistem pernikahan.

Dikutip dari Kumparan.com yang melansir dari The Vintage News, pada suku yang tinggal di tepi Danau Luga ini keluarga terbentuk berdasarkan garis keturunan ibu.

Suku Mosuo menjalankan sistem walking marriage atau axia, yakni pernikahan berjalan. Maksudnya, para perempuan Suku Mosuo bisa bebas memilih pasangan seksualnya, tanpa harus ada ikatan pernikahan.

Dalam pelaksanaannya sendiri ketika perempuan sudah dianggap dewasa secara seksual, mereka akan diberikan kamar pribadi. Selanjutnya perempuan Mosuo akan ‘mengundang’ pria yang disenangi untuk tidur bersama.

Tentu, perempuan Suku Mosuo bisa mengajak lelaki yang berbeda pada setiap kesempatan. Nantinya, laki-laki tersebut akan datang setelah senja dan pergi sebelum matahari terbit. Dengan kata lain, wanita suku Mosuo bisa berganti 'suami' setiap malam.

Ketika keduanya sedang melakukan hubungan badan, sang pria harus meletakkan topi di pegangan pintu kamar wanita. Hal ini sebagai tanda agar pria lain tidak masuk ke dalam kamar.

Sang anak tidak dibesarkan oleh kedua orang tua secara bersama. Sang ibulah yang akan merawat anaknya dengan bantuan saudara kandungannya. Sementara sang ayah tidak ada tanggung jawab untuk memberi nafkah, tinggal bersama, dan mendidik anaknya.

Selain anak yang lahir dari ayah berbeda, sistem ini juga membuat sang anak tidak mengetahui siapa ayahnya.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa sistem ini terbentuk ketika para perempuan ditinggal suami yang berdagang di jalur sutera dari China ke India. Para istri merasa sakit hati karena ditinggal begitu lama dan akhirnya mereka memilih untuk walking marriage.

Sementara arkeolog berpendapat bahwa axia merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berasal dari kondisi pernikahan di zaman dulu. Kemungkinan pria Mosuo dulunya adalah pedagang yang beraktivitas di daerah yang jauh dan tidak dapat bersama dengan keluarga untuk waktu yang lama, sehingga membuat gambaran atas pernikahan di suku Mosuo menjadi hilang.

Meski sudah berlangsung, dalam tulisannya, Marie Claire menyebutkan bahwa beberapa wanita Mosuo dari generasi yang lebih muda juga mendambakan pernikahan dengan ikatan. Hidup bersama pasangan di bawah satu atap seperti pasangan pada umumnya.***

Editor:hasan b
Sumber:kumparan.com
Kategori:Ragam

GoSumbar.com Tak Merasa Hamil dan Siklus Haid Lancar, Gadis 18 Tahun Ini Kaget Tiba-tiba Melahirkan Bayi, Begini Penjelasan Dokter
GoSumbar.com Ibu Mertua Kepergok Menantu Lubangi Semua Kondom di Kamar, Ternyata Ini Tujuannya
GoSumbar.com Ingat, Supermoon Terbesar dan Paling Terang Terjadi Besok Malam
GoSumbar.com Wanita Cantik Ini Hembuskan Nafas Terakhir Beberapa Jam Usai Dinikahi Tunangannya
GoSumbar.com Kasur Ini Bisa Deteksi Pasangan Berselingkuh, Begini Sistim Kerjanya
GoSumbar.com Rasulullah SAW Suruh Umatnya Duduk Saat Buang Air Kecil, Ternyata Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Pria
GoSumbar.com Tradisi Unik, Para Wanita di Pegunungan Himalaya Miliki Beberapa Suami, Ini Sejumlah Alasannya
GoSumbar.com Rutinlah Konsumsi Buah Nangka, Ini 8 Khasiatnya bagi Kesehatan, Termasuk Cegah Kanker dan Turunkan Berat Badan
GoSumbar.com Masyarakat Korsel Pilih Pelihara Hewan dari pada Punya Anak, Ini Penyebabnya
GoSumbar.com Tunda Pengobatan Leukimia Demi Bayinya, Brianna Meninggal Bebeberapa Hari Usai Melahirkan
GoSumbar.com Model Supercantik Ini Ternyata Bukan Manusia, Melainkan . . . .
GoSumbar.com Dihujat karena Masih Susui Putranya Berusia 7 Tahun, Begini Jawaban Wanita Ini
GoSumbar.com Cerai dengan Jeff Bezos, MacKenzie Mendadak Jadi Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Rp978,24 Triliun
GoSumbar.com Mengenang Ayah Prabowo Subianto, Sumitro Djojohadikusumo Sang Begawan dan Arsitek Ekonomi Indonesia, Mengubah Struktur Kolonial ke Nasional
GoSumbar.com Tampil Kompak, Prabowo - Sandiaga Dinilai Paling Cocok Pimpin Indonesia
GoSumbar.com Cerai dengan Jeff Bezos, Wanita Ini Bakal Terima Rp967,5 Triliun
GoSumbar.com Beruntunglah Orangtua Memiliki Anak Perempuan, Ini Keutamaannya
GoSumbar.com April Fuller, Mahasiswi Sastra Inggris yang Jadi Muslimah karena Anggap Islam Rasional, Tak Goyah Meski Dituduh Kakeknya Teroris
wwwwww