Poriaman Sitanggang Pamerkan Kehidupan dan Budaya Papua di Oslo

Poriaman Sitanggang Pamerkan Kehidupan dan Budaya Papua di Oslo
Rabu, 26 September 2018 11:00 WIB
OSLO - KBRI Oslo tengah menggelar pameran foto bertajuk ''Voyage to the Rising Sun: Papua, Indonesia'' oleh Poriaman Sitanggang atas kerja sama dengan Garuda Indonesia, ANJ, Engineerium, Aker Solutions, Kristiansand Kommune dan Agder University.

Pada kesempatan di Oslo pameran bertempat di Engineerium pada tanggal 25-27 September 2018. Pameran dibuka pada tanggal 25 September dengan dihadiri oleh korps diplomatik, akademisi, diaspora dan friends of Indonesia yang berada di wilayah Oslo dan sekitarnya.

Terdapat 35 foto berisi tentang alam Papua, kebudayaan serta kehidupan masyarakat adat di Papua, terutama Suku Dani dan Suku Asmat, yang diambil oleh Poriaman selama kurun tahun 1994-2018.

''Pameran foto ini sangat menarik. Terlepas dari unsur politik yang biasanya mewarnai berbagai isu tentang Papua, tetapi foto-foto yang dipamerkan memperlihatkan kepada kita sudut pandang yang berbeda mengenai Papua. Meskipun kita memiliki pandangan yang berbeda, tetapi kita yakin akan satu hal yang sama, bahwa Papua itu sendiri sangatlah unik dan kaya, baik dalam hal kebudayaannya, alamnya, maupun pola hidup masyarakat di dalamnya,'' ujar Dubes Mulya Lubis dalam sambutannya.

Selain memperkenalkan Papua kepada para tamu yang hadir dalam pembukaan, Dubes Mulya Lubis juga memanfaatkan momen tersebut untuk mengajak para tamu dan masyarakat Norwegia berkunjung ke Papua.

''Indonesia itu sangat luas dan sangat kaya. Indonesia juga bukan hanya terdiri dari Bali saja. Pameran foto ini menunjukkan bahwa Papua sendiri sangatlah kaya. Saya berharap dengan melihat foto-foto ini, masyarakat Norwegia tertarik untuk mengunjungi Papua dan melihat secara langsung kekayaan alam dan budaya Papua.''

Senada dengan Dubes Mulya Lubis, Poriaman juga berharap agar para tamu dan masyarakat Norwegia dapat berkunjung ke Papua. ''Foto-foto ini merupakan salah satu bentuk apresiasi saya kepada masyarakat Suku Asmat dan Suku Dani yang telah membagi ilmu dan kearifan lokal kepada saya dan mengizinkan untuk saya mengambil foto. Saya berharap Masyarakat Norwegia dapat tertarik untuk berkunjung ke Papua setelah melihat foto-foto tersebut,'' ujar Poriaman.

Pameran foto tersebut selain diselenggarakan di Oslo juga akan diselenggarakan di Kota Kristiansand yaitu di Universitas Agder pada tanggal 28 September hingga 1 Oktober 2018. (rls)

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77