Zikir Bergema dalam Masjid Jin, Padahal Tak Ada Orang

Zikir Bergema dalam Masjid Jin, Padahal Tak Ada Orang
Masjid Jin di Panchang Bedena, Selangor, Malaysia. (dream)
Jum'at, 08 Juni 2018 10:05 WIB
SELANGOR - Sesuai dengan namanya, Masjid Jin, memang banyak kisah misteri tentang masjid tua yang terletak Panchang Bedena, Selangor, Malaysia ini.

Dikutip dari dream, menurut cerita penduduk setempat, ada pengunjung mendengar suara zikir bergema dalam masjid yang dibuka sejak tahun 1905 itu, padahal ketika itu masjid dalam kondisi kosong alias tak ada orang di dalamnya.

Pengurus masjid Shamsul Kamar Samad, mengatakan, nama Masjid Jin juga diperoleh dari cerita-cerita misteri yang tersebar secara lisan di masyarakat. ''Itu terjadi sejak lama,'' kata dia, sebagaimana dikutip dream dari Sinar Harian.

''Tapi itu bukan bermakna masjid tersebut berhantu, nama itu hanya memberi peringatan kepada semua orang agar berhati-hati dalam percakapan dan perbuatan dalam masjid itu,'' tambah Shamsul.

Menurut dia, banyak orang berkunjung ke masjid ini. Selain untuk menikmati arsitektur unik masjid, banyak pengunjung yang ingin mengetahui apakah kisah-kisah yang beredar itu benar terjadi.

''Biasalah orang yang melawat di sini, ingin melihat apa benar ada 'jinnya', sebab itu mereka diganggu,'' ujar dia.

Shamsul mengaku sudah puluhan tahun menjadi pengurus tempat ibadah yang punya nama lain Masjid Lama Panchang Bedena ini. Selama itu, kata dia, tak pernah mendapat gangguan.

''Apalagi ini kan rumah Allah, kenapa harus takut,'' tutur Shamsul.

Selain kisah-kisah misteri, keistimewaan masjid yang didirikan secara gotong-royong oleh penduduk kampung Api-Api Muda (kini Panchang Bedena) ini juga terletak pada seni bangunannya.

Lantai masjid, kata dia, terbuat dari daun nipah. Sementara bagian tiang terbuat dari batang pohon. Selain itu, seni ukir di setiap sudut masjid yang sudah mengalami beberapa kali renovasi ini juga sangat menarik.

''Orang zaman dulu memang mengutamakan keistimewaan sesuatu tempat yang dihasilkan oleh mereka dan jika dilihat setiap ukiran kayu yang diukir cukup rinci, malahan setiap potongan kayu juga cukup sempurna,'' katanya.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/