Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Bila Lampu Mobil Mati Saat Mudik

Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Bila Lampu Mobil Mati Saat Mudik
Ilustrasi. (liputan6.com)
Senin, 28 Mei 2018 17:09 WIB
JAKARTA - Saat pulang mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga, mungkin saja lampu mobil Anda mati. Sementara saat itu Anda tengah berada di tempat sepi dan tak ada bengkel yang dekat.

Jangan panik bila itu terjadi, sehingga Anda bisa lebih tenang memikirkan cara mengatasinya.

Dikutip dari liputan6.com, Anda bisa mengikuti langkah darurat berikut untuk bisa membuat lampu mobilmu kembali berfungsi.

Pertama, ketahui penyebabnya. Biasanya jika lampu mati penyebabnya mungkin sekring putus. Sekring tersebut biasanya terletak di dekat atau di bawah kanan setir.

Sekring-sekring itu sendiri berbentuk seperti gigi atau dua jari. Carilah mana sekring yang berfungsi sebagai sekring lampu dan dalam kondisi putus tersebut.

Selanjutnya, lilitkan dua helai serabut logam kabel tadi ke batang atau terminal yang satu dan terminal lainnya. Lalu pasang kembali sekring tersebut.

Jika hanya satu dari lampu depan atau lampu belakang yang mati, berarti masalah tidak di sekring. Kemungkinan besar salah satu dari lampu telah terbakar habis dan perlu diganti.

Caranya, matikan lampu dan buka sekrup penutup lampu. Jika filamen bohlam lampu rusak atau gelas berubah warna maka gantilah bohlam lampu mobilmu.

Artinya, ada baiknya menyimpan bohlam serep di mobil jika memang dirasa umur bohlam cukup tua. Tak ada yang salah dengan melakukan antisipasi saat melakukan perjalanan.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwww