Disunnahkan Berbuka dengan Kurma, Ini 9 Manfaatnya bagi Kesehatan

Disunnahkan Berbuka dengan Kurma, Ini 9 Manfaatnya bagi Kesehatan
Buah kurma. (okezone)
Jum'at, 18 Mei 2018 17:17 WIB
JAKARTA - Berbuka dengan buah kurma disunnahkan Rasullah SAW. Sebab, makan kurma memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari okezone.com, makan kurma selama puasa bisa membuat Anda terhindar dari penyakit gangguan pencernaan. Karena buah ini dapat mengatur sistem kerja usus dengan baik, serta jadi obat diare.

Tak cuma itu, karena kurma juga membantu meningkatkan energi dan stamina. Puasa jadi tambah lancar dan menyenangkan.

Lebih dari itu, ada manfaat lainnya yang bakal diperoleh ketika makan kurma setiap hari. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Jumat (18/5/2018).

1. Menguatkan tulang

Jumlah mineral yang signifikan dalam kurma sangat bagus untuk memperkuat tulang. Dalam jangka panjang, dapat juga melawan penyakit seperti osteoporosis. Sebab, kurma dinilaimengandung selenium, mangan, magnesium dan tembaga, yang semuanya diperlukan untuk perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat.

2. Obat gangguan usus

Kurma mengandung asam amino dan serat larut yang mudah dicerna oleh tubuh. Manfaatnya baik untuk menyembuhkan gangguan usus. Kalau dikonsumsi setiap hari manfaatnya dapat menghambat pertumbuhan organisme patologis. Baiknya, hal ini akan membantu merangsang pertumbuhan bakteri ramah yang mampu menjaga usus.

3. Meredakan sembelit

Kurma tergolong makanan pencahar alami yang dapat menjaga Anda dari sembelit. Cara mengonsumsinya yakni rendam kurma dalam semalam dan minum airnya. Kalau Anda minum saat sahur, sepanjang hari pasti bebas dari sakit sakit perut, sulit buang air besar, dan sebagainya.

4. Obat anemia

Buah ini juga memiliki banyak zat besi, yang membuatnya menjadi suplemen untuk penderita anemia. Saat puasa, Anda tak perlu khawatir mengalami kekurangan darah merah dan membuat tubuh jadi lemas. Tentu kalau sudah demikian, Anda terhindar dari rasa lesu, lelah dan meningkatkan energi dalam tubuh.

5. Membantu menambah berat badan

Orang yang kurus kalau setiap hari makan kurma bisa menambah berat badan. Anda bisa mengonsumsinya saat buka puasa, sebagai menu takjil yang paling nikmat. Perlu Anda tahu, setiap satu kilogram kurma mengandung 3000 kalori yang bikin orang kurus bisa menambah berat badannya dengan cara menyehatkan.

6. Tingkatkan energi

Kalau Anda merasa lesu saat puasa, coba makan kurma saja. Buah ini mengandung gula alami seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang akan langsung meningkatkan energi Anda. Kurma ini tak hanya baik dikonsumsi saat membatalkan puasa, tapi juga pas untuk dimakan setelah Anda melakukan olahraga.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kurma adalah buah kering yang sehat untuk jantung. Buah ini sumber potasium yang sangat baik, yang akan mengurangi risiko stroke dan penyakit yang berhubungan langsung dengan jantung. Makan kurma juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, sehingga aman dikonsumsi bagi lansia.

8. Mempertahankan sistem saraf

Kehadiran vitamin dalam kurma baik untuk menjaga sistem saraf yang tepat. Kalium menjadi salah satu bahan utama mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif. Manfaatnya dapat membuat otak Anda waspada, sehingga sangat bagus untuk Anda yang ingin punya daya ingat yang tetap tajam.

9. Mengobati diare

Kurma matang mengandung kalium, yang dapat mengendalikan diare secara efektif. Otomatis buah ini mudah dicerna dan dapat menyembuhkan diare kronis. Kalau tiba-tiba Anda merasakan diare yang membuat perut terasa tidak nyaman, makanlah kurma untuk mengobatinya.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/