Lima Makanan Ini Diklaim Bisa Cegah Kerontokan Rambut, Silakan Dicoba

Lima Makanan Ini Diklaim Bisa Cegah Kerontokan Rambut, Silakan Dicoba
Ilustrasi rambut rontok. (int)
Rabu, 25 April 2018 13:56 WIB
JAKARTA - Keindahan rambut bisa membuat seseorang merasa lebih menarik dan percaya dirinya lebih tinggi. Hingga tidak mengherankan bila banyak yang tidak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk menjaga kesuburan dan kesehatan rambutnya.

Karena begitu pentingnya keberadaan rambut yang subur untuk menjaga penampilan dan percaya diri, menyebabkan kerontokan rambut menjadi hal yang sangat mencemaskan.

Dikutip dari merdeka.com, sejumlah penelitian menyebutkan beberapa alasan rambut rontok, seperti diet yang tidak tepat, kekurangan vitamin, faktor genetik, stres berlebihan, rasa cemas dan khawatir, sirkulasi darah yang buruk dan kulit kepala yang tidak bersih.

Sebelum rambut Anda rontok, maka perlu dilakukan upaya menghentikannya. Rajinlah mengonsumsi makanan pencegah rambut rontok setiap hari.

Dilansir dari Boldsky, berikut lima jenis makanan yang dapat membantu Anda mencegah rambut rontok.

1. Telur

Rambut Anda sebagian besar terdiri dari protein. Rambut rontok yang Anda alami bisa terjadi karena kekurangan asupan protein bagi tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan asupan protein tetap baik dengan mengonsumsi telur. Bahan makanan ini dipercaya menjadi salah satu sumber protein terbaik.

2. Sayuran hijau

Tak hanya protein, sel-sel rambut membutuhkan nutrisi berupa zat besi. Hal ini karena ketika Anda kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi tidak dapat diangkut ke akar rambut dan folikel.

Akibatnya, pertumbuhan rambut akan terhambat dan Anda akan mengalami rambut rontok secara terus menerus. Salah satu sayuran hijau yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi rambut rontok adalah bayam.

3. Jeruk

Agar dapat menyerap zat besi, tubuh pun membutuhkan asupan vitamin C. Inilah alasan Anda dianjurkan untuk menambahkan buah jeruk pada daftar menu makanan. Para ahli gizi merekomendasikan satu buah jeruk nipis sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Selain itu, vitamin C juga penting untuk memproduksi kolagen yang dapat terhubung dengan pembuluh kapiler pada batang rambut. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C akan membuat rambut tumbuh lebih cepat. Selain itu, asupan nutrisi bagi rambut pun menjadi teratur.

4. Kacang-kacangan

Agar mendapatkan rambut yang subur dan tebal, tubuh membutuhkan asupan asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, Anda dapat menambahkan kacang-kacangan, seperti kenari dan almond pada menu makanan. Hal ini karena tubuh tidak dapat memproduksi lemak sehat ini.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi biji rami sebagai camilan sehat, sehingga kebutuhan asam lemak esensial bagi rambut pun terpenuhi.

5. Wortel dan Alpukat

Kedua bahan makanan ini memang memiliki khasiat yang berbeda bagi rambut. Mengonsumsi jus wortel yang kaya akan vitamin A akan membuat rambut dapat tumbuh lebih cepat. Selain itu, vitamin A juga membantu memproduksi minyak sebum alami yang dapat menjaga akar rambut tetap sehat.

Tak hanya wortel yang kaya akan vitamin A, rambut pun membutuhkan asupan vitamin E. Salah satu makanan yang mengandung vitamin E adalah alpukat. Vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu folikel rambut bekerja lebih efisien, sehingga rambut pun tumbuh lebih cepat. Tak hanya itu, konsumsi alpukat pun dapat menjaga kadar minyak dan pH seimbang pada rambut.***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwww