Jangan Makan Nasi Goreng Pakai Mentimun, Ini Bahayanya

Jangan Makan Nasi Goreng Pakai Mentimun, Ini Bahayanya
Ilustrasi nasi goreng pakai mentimun. (vemale)
Minggu, 15 April 2018 09:54 WIB
JAKARTA - Selain dengan goreng telur (telur dadar atau mata sapi), biasanya nasi goreng dipasangkan pula dengan mentimun. Bila Anda termasuk yang suka mengonsumsi nasi goreng pakai mentimun, sebaiknya meninggalkan kebiasaan itu mulai saat ini.

Dikutip dari tribunnews.com yang melansir dari Science Daily, peneliti di University of the Basque Country mengatakan jika menggoreng nasi goreng dengan minyak yang sudah pernah dipakai, menyebabkan munculnya zat aldehida pada makanan tersebut.

Zat tersebut merupakan senyawa yang cukup beracun. Bisa ditemukan pada minyak yang sudah pernah dipakai atau minyak berkualitas rendah.

Jika seseorang mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak seperti ini dan mengonsumsi timun setelahnya, akan terjadi proses kimiawi yang menyebabkan radang pada tenggorokan.

Radang tersebut muncul karena getah timun yang memiliki senyawa kimia akan bercampur dengan senyawa aldehid. Jadinya tenggorokan menjadi tercemar dan tidak sehat.

Lebih parahnya, zat aldehid merupakan pemicu munculnya penyakit neurodegenerative dan beberapa jenis kanker dan penyakit lain yang berhubungan dengan saraf.

Tak hanya nasi goreng, mengonsumsi timun dengan makanan lain yang digoreng dengan minyak mengandung zat aldehida risikonya sama.

Tapi Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Anda bisa mengakalinya dengan cara sehat.

Pastikan nasi goreng atau gorengan lain digoreng dengan minyak sehat dan higienis. Hindari pemakaian minyak bekas, minyak dari biji bunga matahari, dan juga minyak goreng curah yang kandungan lemak jenuhnya tinggi.

Pakailah minyak goreng murni, gunakan minyak goreng baru setiap kali memasak, akan lebih baik menggunakan minyak goreng dari kelapa, bukan sawit.***

Editor:hasan b
Sumber:tribunnews.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/