Gelang Ini Diklaim Bisa Lindungi Wanita dari Serangan Seksual, Begini Wujud dan Cara Kerjanya

Gelang Ini Diklaim Bisa Lindungi Wanita dari Serangan Seksual, Begini Wujud dan Cara Kerjanya
Gelang anti serangan seksual. (sindonews)
Minggu, 15 April 2018 10:55 WIB
JAKARTA - Prihatin dengan kejahatan seksual yang sering dialami kaum perempuan, seorang mahasiwa Universitas Alabama memproduksi gelang pintar yang diklaim dapat melindungi wanita yang memakainya dari serangan seksual.

Dikutip dari sindonews.com, Jayun Patel, mahasiswa sang pencipta perhiasan canggih itu menjelaskan, gelang itu dilengkapi dengan alat yang memonitor setiap gerakan dan mendeteksi perubahan pada tubuh pemakainya sebelum mengirim sinyal bahwa serangan sedang terjadi.

Sinyal akan mengingatkan polisi atau salah satu pihak yang ada di daftar nama pengguna begitu mendeteksi bahwa individu tersebut dilecehkan.

Gelang itu juga menghasilkan suara yang kuat dan memancarkan cahaya merah untuk menakut-nakuti penyerang atau menarik perhatian ke kerumunan.

Selain Patel, peneliti yang terlibat dalam pengembangan gelang adalah Associate Professor, Dr Ragib Hasan. Menurut Dr Ragib, produksi gelang diharapkan untuk melindungi pemakainya dari serangan seksual sering di kampus-kampus seperti di universitas.

''Tantangan besar untuk mencegah serangan adalah bahwa para korban seringkali sulit untuk melarikan diri untuk meminta bantuan,'' katanya.

Dr Hasan mengatakan gelang itu juga dilengkapi dengan Adafruit Circuit Playground, detektor tekanan, Global Positioning System (GPS) dan Mikrofon.

Gelang juga dapat mendeteksi apakah pemakainya dalam posisi berdiri atau menghalangi.

Dia menambahkan bahwa jika detektif itu ditemukan dalam bahaya, gelang itu akan menghubungkannya ke smartphone melalui Bluetooth dan segera mengirim pesan ke pihak darurat selain informasi tentang lokasi pengguna.

Gelang ini masih dalam bentuk prototipe dan diperkirakan akan dijual seharga kurang dari USD 40 (Rp 550ribuan).***

Editor:hsan b
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwww