Jangan Silangkan Kaki Saat Duduk, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Jangan Silangkan Kaki Saat Duduk, Ini Bahayanya bagi Kesehatan
Ilustrasi duduk dengan kaki menyilang. (tribunnews)
Rabu, 11 April 2018 11:45 WIB
JAKARTA - Banyak orang, terutama wanita, suka menyilangkan kakinya saat duduk di kursi atau bangku, dengan alasan kenyamanan dan kesopanan. Bila Anda termasuk ke dalam kelompok ini, maka sebaiknya meninggalkan kebiasaan tersebut.

Dikutip dari TribunTravel.com yang melansir dari laman viralsection.com, berbagai penelitian telah dilakukan, dan itu membuktikan bahwa ketika kamu duduk dalam waktu yang lama dengan kaki menyilang, ternyata memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Sebab saat kaki menyilang, tekanan darah dalam tubuh akan meningkat drastis.Meskipun kamu tidak memiliki masalah dengan tekanan darah, namun kebiasaan ini lama-kelamaan akan memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Mempertahankan postur tertentu selama berjam-jam dapat menyebabkan kondisi yang disebut paralisis saraf peroneal atau palsy.

Ini juga bisa terjadi jika kamu duduk di posisi yang sama untuk waktu yang lama.Ternyata posisi yang paling mungkin menyebabkan kelumpuhan saraf peroneal adalah posisi duduk menyilang.

Ketika duduk menyilang, tekanan pada pembuluh darah meningkat dan menghambat aliran darah.

Kondisi ini menyebabkan pembuluh menyempit dan melemah serta memungkinkan aliran balik darah.

Jika dilakukan dalam waktu lama dapat menyebabkan pengumpulan darah di kaki dan membuat pembuluh darah membengkak.

Duduk bersilang juga meningkatkan kemungkinan ketidakseimbangan panggul.Duduk menyilang (womenshealthmag.com)Saat kaki menyilang, membuat otot paha bagian luar lebih panjang dan otot paha bagian dalam lebih pendek, dan menempatkan sendi beresiko keluar dari tempatnya.

Sebuah penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa ketika seseorang duduk menyilangkan kaki selama lebih dari 3 jam sehari, menyebabkan nyeri punggung dan leher bagian bawah, postur membungkuk dan ketidaknyamanan di pinggulnya.***

Editor:hasan b
Sumber:tribunnews.com
Kategori:Ragam
wwwwww