Makanan Pahit dan Beraroma Tak Sedap Ini Berkhasiat Tingkatkan Fungsi Otak dan Jaga Kesehatan Jantung

Makanan Pahit dan Beraroma Tak Sedap Ini Berkhasiat Tingkatkan Fungsi Otak dan Jaga Kesehatan Jantung
Buah petai. (int)
Selasa, 10 April 2018 19:38 WIB
JAKARTA - Banyak orang tak menyukai petai karena rasanya pahit dan aromanya tidak sedap. Namun bagi sebagian orang orang, rasa pahit dan aroma tak sedap itu justru memancing selera makannya.

Bahkan ada yang suka mengonsumsinya sebagai lalap atau dalam bentuk masih mentah.

Bagi Anda yang suka mengonsumsi petai, merupakan kenberuntungan. Sebab, ternyata petai memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari merdeka.com.

1. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Kalium yang terkandung dalam pete merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik.

Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

Kemampuan kognitif tersebut antara lain, kemampuan mengingat, kemampuan melakukan rekognisi pola, dankemampuan dalam mempersepsikan melalui indera.

Penelitian di Inggris menguatkan hal ini, di mana para siswa yang mengonsumsi pete pada saat sarapan hingga makan siang, dapat mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.

2. Mencegah anemia

Pete mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu dalam merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi pete dapat membantu Anda dalam mencegah anemia.

3. Menjaga kesehatan jantung

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan, bahwa mineral kalium di dalam pete dapat mendorong kesehatan kardiovaskular dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, coba lah makan pete. Karena pete mengandung serat yang dapat membantu Anda dalam memperoleh pencernaan yang lebih baik. Selain itu bisa mencegah sembelit.

5. Mencegah dan mengatasi depresi

Pete mengandung triptofan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi sertonin.

Dengan kandungan tersebut tentu Anda akan lebih rileks, mood selalu baik, dan rasa bahagia setelah mengonsumsi pete. ***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwww