Wanita Perlu Tahu, 9 Benda Ini Percepat Penuaan Dini

Wanita Perlu Tahu, 9 Benda Ini Percepat Penuaan Dini
Ilustrasi. (int)
Sabtu, 31 Maret 2018 13:22 WIB
JAKARTA - Penuaan dini pada wanita disebabkan banyak hal, termasuk kebiasaan sehari-hari dan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Dikutip dari dream yang melansir laman BrightSide.me, sembilan benda yang ada di rumah bisa membuat para wanita cepat menua. Berikut ulasannya:

1. Pemanas Ruangan dan AC

Semakin dingin udara di luar, semakin sedikit kelembaban yang mampu dipertahankan. Ketika dingin di bagian dalam, udara akan memanas, tapi kuantitas uap air tidak meningkat.

Hal ini menyebabkan udara di dalam rumah menjadi kering. Akibatnya kulit dan selaput lendir dalam tubuh kita akan menderita. Wajah dan tubuh kita menjadi sangat sensitif, mulai gatal, dan kulit mengelupas. Ini akan membuat kulit menjadi kusam dan berkerut.

Solusi: Gunakan pelembap udara, belilah krim yang mengandung pelembab tingkat tinggi, serta selalu sediakan thermal water spray di dekatmu.

2. Sabun

Para wanita tergila-gila untuk menjaga kulit dan tubuh mereka halus, bersih, dan berbau harum. Namun membersihkan kulit setiap hari dengan produk pembersih sebenarnya bisa menyebabkan pertahanan alami kulit menjadi rusak. Pertahanan alami ini yang menyelamatkan kita dari bakteri dan bahkan mencegah penuaan dini.

Solusi: Baca selalu label kandungan sabun atau shower gel yang kamu gunakan. Dan disarankan untuk tidak 'terlalu rajin' membersihkan kulit dengan produk pembersih kulit.

3. Bantal

Kebanyakan orang memilih sarung bantal berbahan kapas atau lenan (serat rami). Selain harganya cukup murah, bahan kapas atau lenan tidak membuat kepala sering melorot, dan mudah dicuci.

Tapi sarung bantal yang terbuat dari bahan-bahan ini bisa berdampak buruk bagi wanita yang peduli dengan penampilan mereka. Sarung bantal berbahan ini biasanya dipakai oleh orang yang suka tidur menyamping atau tengkurap.

Sarung bantal berbahan kapas atau lenan terasa tebal sehingga dapat meningkatkan risiko kerutan pada kulit. Jika diteruskan, kerutan pada kulit itu nantinya akan berubah menjadi keriput. Selain itu, bahan-bahan ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tumbuh.

Solusi: Ganti bahan kapas atau lenan dengan sutera. Bahan ini memang lebih mahal tapi memiliki banyak keuntungan. Selain awet, bahan sutera tidak membuat kulit mengerut sebab sangat lembut dan mencegah tumbuhnya bakteri di permukaan bantal.

4. Smartphone dan Komputer

Dengan kemajuan teknologi, sinar biru yang terdapat pada layar smartphone, tablet, dan komputer akan terus menemani kamu dari pagi hingga larut malam.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa terlalu sering menulis pesan di smartphone atau tablet dengan menekuk leher ke bawah bisa menyebabkan dagu ganda (gelambir pada leher).

Selain itu, ada penelitian yang mengklaim bahwa sinar biru (High Energy Visiblelight) memiliki potensi bahaya yang sama dengan sinar UVA dan UVB yang terdapat pada sinar matahari.

Solusi: Kamu dapat memasang pelindung anti sinar biru khusus pada layar komputer. Kamu juga bisa membeli krim pelindung yang disebut dengan krim HEV.

5. Jendela Terbuka

Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan korelasi langsung antara polusi udara dan penuaan dini. Tetapi asap pabrik bukan satu-satunya penyebab terjadinya polusi udara.

Kehidupan di kota-kota besar, dekat jalan raya, tetangga yang merokok, dan banyak polusi lain dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang berakibat pada penuaan dini.

Solusi: Jika apartemen atau tempat kerja kamu terlalu dekat dengan sumber polusi, cobalah untuk tidak membuka jendela.

Saat ini, kamu bisa membeli alat yang bisa membersihkan udara dalam ruangan untuk menghilangkan partikel polusi dan bahkan membantu mengontrol tingkat kelembaban di dalam ruangan.

6. Produk Daging Olahan

Produk daging olahan (seperti sosis dan hamburger) mengandung banyak lemak dan berbagai suplemen, misalnya fosfor dan sulfit. Zat kimia ini memperburuk kondisi kulit dan mempercepat proses penuaan tubuh.

Solusi: Kurangi konsumsi produk daging olahan.

7. Gula

Seperti yang kita semua tahu, gula menjadi penyebab utama terjadinya kelebihan berat badan. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga menyebabkan penuaan dini dan peradangan kulit. Di dalam suatu organisme, gula menghasilkan molekul yang menyerang kolagen dan elastin yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap indah dan halus.

Solusi: Berhenti mengonsumsi gula. Ganti dengan yang alami seperti madu, stevia, maple, agave, atau sirup topinambur.

8. Bra

Payudara kencang selalu dikaitkan dengan masa muda. Ada teori bahwa bra melawan gravitasi dan menjaga payudara tetap kencang. Tetapi tidak ada pembenaran ilmiah untuk teori ini.

Ada juga teori lainnya yang mengatakan sebaliknya. Yaitu bahwa bra membuat otot dada menjadi lemah. Dan itu sudah terbukti. Para ahli yakin bahwa hanya wanita dengan fitur tertentu (misalnya, yang memiliki kelenjar susu besar) harus memakai bra agar merasa nyaman.

Solusi: Kenakan bra hanya saat diperlukan. Jika perlu hindari memakai bra sama sekali.

9. Toilet Duduk

Sayangnya, tidak semua orang tahu bahwa ada beberapa aturan yang harus diperhatikan ketika menyiram toilet. Tentu saja, kita semua tahu bahwa penting untuk menjaga kebersihan toilet dan mencuci tangan kita.

Tetapi banyak orang yang tidak tahu bahwa ada metode pembilasan toilet yang benar. Dan jika kamu menyiram toilet dengan penutup terbuka, bakteri dan mikroorganisme patogen akan memercik ke udara. Bakteri dan patogen ini bisa saja mendarat di rambut, pakaian, dan kulit kamu.

Solusi: Tutup toilet sebelum menyiramnya.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwww