Inilah Menara Masjid Tertinggi di Dunia, Mencapai 210 Meter

Inilah Menara Masjid Tertinggi di Dunia, Mencapai 210 Meter
Masjid Hasan II. (nationalgeograpich)
Minggu, 25 Maret 2018 21:31 WIB
MAROKO - Masjid Hasan II di Casablanca, Maroko, merupakan masjid terbesar kedua di dunia, setelah Masjidil Haram di Makkah. Namun menara masjid ini tercatat paling tinggi di dunia, yakni 210 meter.

Dikutip dari republika.co.id, menara masjid ini dirancang arsitektur asal Prancis, Michel Pinseau. Masjid ini dibangun oleh Bouyges pada 1980.

Setiap malam, di puncak menara, terdapat sinar laser yang mengarah ke Makkah.

Bangunannya megah dan luas yang menghadap ke perairan Atlantik. Masjid ini berdiri di sebuah semenanjung hasil reklamasi.

Pembangunan Masjid Hasan II Maroko terinspirasi oleh ayat Alquran, ''Singgasana Tuhan dibangun di atas air.''

Selain memiliki menara yang paling tinggi di dunia saat ini, Masjid Hasan II memiliki kapasitas yang amat besar yang bisa menampung lebih dari 30.000 jamaah.

Jumlah ini meliputi sekitar 25.000 jamaah di dalam masjid, selebihnya di luar masjid.

Sebagian lantainya menggunakan kaca sehingga setiap orang yang beribadah di masjid itu seakan-akan bisa bersujud di atas laut.

Tidak hanya itu, Masjid Hasan II juga dilengkapi dengan sentuhan modern, seperti kubah yang bisa bergerak, pemanas lantai, antigempa bumi, dan pintu elektrik.

Interiornya secara khusus dirancang dan dibangun atas permintaan Raja Hasan II.

Pada sebuah kesempatan, Raja Hasan II pernah berkata, ''Aku ingin membangun masjid ini di atas air sebab singgasana Tuhan berada di atas air sehingga orang yang beriman akan mendatanginya untuk sembahyang dan memuji Sang Pencipta sembari merenungkan langit dan lautan yang diciptakan-Nya.'' ***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77