Tidur dengan Lampu Menyala Berisiko Terkena Obesitas, Kanker Payudara dan Lainnya, Ini Penjelasannya

Tidur dengan Lampu Menyala Berisiko Terkena Obesitas, Kanker Payudara dan Lainnya, Ini Penjelasannya
Ilustrasi tidur. (okezone.com)
Senin, 19 Maret 2018 14:19 WIB
JAKARTA - Sebagian orang lebih nyaman tidur dengan lampu menyala. Bagi Anda yang termasuk dalam kelompok tersebut, sebaiknya meninggalkan kebiasaan itu.

Sebab, paparan sinar lampu dapat menekan produksi hormon melatonin, yang bisa menyebabkan masalah seperti obesitas, kanker payudara dan sebagainya. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Womansday, Senin (19/3/2018).

1. Obesitas

Dalam sebuah penelitian di American Journal of Epidemiology peneliti dari Universitas Oxford menemukan bahwa, wanita yang tidur di kamar dengan lampu menyala cenderung memiliki Body Mass Index (BMI) lebih tinggi dan biasanya ukuran pinggangnya lebih besar daripada wanita yang tidur di kamar gelap.

Selain itu cahaya yang terang juga dapat menekan hormon tidur yaitu melatonin yang memengaruhi pola makan dan metabolisme tubuh.

2. Insomnia

Kebanyakan orang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup dan nyenyak dikarenakan adanya penurunan hormon melatonin yang mengurangi kantuk.

Adanya paparan cahaya lampu ketika tidur akan menekan hormon tersebut dan membuat anda tidak mengantuk.

3. Diabetes tipe 2

Penderita diabetes yang banyak terpapar cahaya terang selama empat jam sebelum tidur dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan cahaya tersebut mengganggu hormon melatonin yang pada akhirnya berpengaruh pada glukosa dan leptin yang berfungsi untuk mengatur glukosa dan nafsu makan.

4. Kanker payudara

Selain menyebabkan insomnia dan diabetes tipe 2, tidur saat lampu menyala juga dapat mengakibatkan kanker payudara. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Health Geographic bahwa wanita yang sering terkena cahaya lampu, berisiko lebih tinggi terkena masalah tersebut dibandingkan mereka yang tidak.

Ini dikarenakan ketika lampu menyala sel melatonin naik, dan estrogen dapat meningkatkan pertumbuhan tumor. Jadi dengan memadamkan lampu ketika tidur dapat meminimalkan risiko terkena kanker.

5. Meningkatkan tekanan darah

Orang yang tidur dengan cahaya berlebih pada malam memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidur di kamar yang gelap.

Hal ini dikarenakan cahaya dapat merangsang sistem saraf, yang akhirnya memengaruhi tekanan darah Anda.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww