Biaya Kuliah di Turki Sangat Murah, Hanya Rp600 Ribu Per Semester

Biaya Kuliah di Turki Sangat Murah, Hanya Rp600 Ribu Per Semester
Kampus Universitas Ankara. (int)
Minggu, 18 Februari 2018 08:57 WIB
JAKARTA - Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Turki bisa menjadi negara pilihan. Pertimbangannya, biaya kuliah di negara itu sangat murah, bahkan jauh lebih murah dibanding kuliah di perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Dikutip dari republika.co.id, salah seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Turki, Muhammad Al Fatih (20) mengaku hanya membayar uang kuliah sebesar Rp600 ribu per semester.

''Kalau saya satu semester cuma Rp600 ribu,'' ujar Fatih saat berbincang dengan republika.co.id di Jakarta, Sabtu (17/2).

Sayangnya, kata Fakih, masih banyak yang belum mengetahui bahwa kuliah di Turki sangat murah, khususnya di kampus-kampus negeri. Karena itu, menurut dia, Yayasan Pendidikan Indonesia-Turki saat ini sedang melakukan sosialiasi ini kepada pelajar Indonesia.

''Makanya Ustaz Doddy ini ingin memberitahukan kepada pelajar-pelajar di Indonesia kuliah di Turki itu,'' ucap mahasiswa Universitas Kastamonu ini.

Turki merupakan negara yang menjadi tempat kekhalifahan Islam terakhir. Turki saat ini telah berubah menjadi sebuah negara maju dan memiliki pengaruh kuat dalam pergaulan antarbangsa.

''Biaya hidup sehari-hari di sana sama kayak Jakarta, malah di beberapa kota jauh lebih murah di banding Jakarta,'' ucapnya

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia-Turki, Doddy Hidayat mengatakan bahwa biaya kuliah di Turki memang sangat terjangkau dan biaya hidupnya murah, seperti halnya biaya kuliah di Universitas Suleyman Demiral.

Menurut dia, biaya SPP tertinggi di kampus ini adalah Fakultas Kedokteran, tapi masih jauh lebih murah dibandingkan jurusan kedokteran di Indonesia.

''Jadi yang paling tinggi SPP nya di sana itu jurusan kedokteran. Tapi hanya 3,5 juta per semester,'' ungkap Doddy.

Pendaftaran ujian untuk masuk Universitas Suleyman ini rencananya akan dilakukan di Jakarta dan Bandung pada tanggal 5 Mei 2018. Peserta yang telah lengkap melakukan pendaftaran akan di beri undangan untuk mengikuti ujian masuk.

Peserta ujian masuk bisa mendaftar di Yayasan Pendidikan Indonesia Turki dengan mengisi pendaftaran Online melalui website: www.belajarditurki.com***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwww