Lima Jenis Kanker Ini Bisa Dideteksi Sejak Awal

Lima Jenis Kanker Ini Bisa Dideteksi Sejak Awal
Ilustrasi. (elshinta)
Rabu, 07 Februari 2018 11:49 WIB
JAKARTA - Kanker merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia. Penyakit mematikan ini sesungguhnya bisa disembuhkan bila terdeteksi sejak awal.

Dikutip dari republika.co.id, penanggung Jawab Instalasi Deteksi Dini dan Onkologi Sosial RS Dharmais Hardina Sabrina mengungkapkan, ada sejumlah kanker yang dapat dideteksi lebih dini, baik melalui pemeriksaan sendiri atau melalui teknologi kesehatan.

Setidaknya ada lima jenis kanker yang bisa dideteksi lebih awal, yakni kanker serviks atau dikenal dengan leher rahim, kanker usus besar, kanker prostat, kanker hati dan kanker paru-paru.

Untuk kanker serviks, tahapan untuk mendeteksi bahkan menurutnya sudah tidak serumit dahulu. Sudah terdapat tes IVA, misalnya, yang dapat dilakukan di pusat kesehatan kelas pertama.

Meski begitu, kata Hardina, belum banyak yang terdorong untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker. Padahal, ia mencontohkan, untuk mendeteksi kanker payudara, langkah mudah bisa melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Namun, tetap saja kerap diabaikan.

Padahal kanker payudara termasuk salah satu yang kerap mengancam kaum wanita. Menurut Direktur Utama RS Kanker Dharmais Prof dr Abdul Kadir, perempuan penderita kanker yang datang berobat ke RS Kanker Dharmais 42,5 persennya memiliki kanker payudara. Sementara 52 persennya penderita kanker serviks.

''Kadang kalau tandanya masih kecil malah ke tabib atau dukun, baru kalau sudah stadium lanjut ke dokter, ini kan memperlambat pengobatan,'' ujar Prof Kadir menambahkan.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/