8 Orang Ini Miliki IQ Melebihi Sang Jenius Einsten

8 Orang Ini Miliki IQ Melebihi Sang Jenius Einsten
Ainan Cawley, miliki IQ 263. (kompas.com)
Sabtu, 27 Januari 2018 18:16 WIB
JAKARTA - Einstein dikenal sebagai orang paling jenius di dunia dengan IQ 160. Namun ternyata ada sejumlah orang yang memiliki IQ melebihi Einsten. Berikut delapan orang di antaranya, seperti dikutip dari kompas.com.

1. Jacob Barnett dengan IQ 170

Jacob Barnett didiagnosis menderita autisme sedang hingga berat pada usia dua tahun. Bahkan, dokter juga memperkirakan bahwa dia tidak akan pernah bisa belajar mengikat tali sepatunya sendiri.

Namun, apa yang dikatakan dokter tersebut ternyata salah total. Anak ajaib Amerika itu menyelesaikan kelas 6 sampai 12 dalam waktu kurang dari setahun. Dia juga berkuliah di usia 10 tahun.

Saat usia 13 tahun, dia telah menjadi seorang fisikawan. Saat ini dia sedang mengejar gelar PhD-nya pada usia 19 tahun.

2. Judit Polgár dengan IQ 170

Master catur Hongaria ini dianggap sebagai pemain catur wanita terbaik sepanjang masa.

Pada tahun 1991, ketika dia berusia 15 tahun, dia adalah pemain termuda yang mendapat gelar Grandmaster Internasional.

3. Rick Rosner dengan IQ antara 192 sampai 198

Rick Rosner telah melakukan lebih dari 30 tes IQ. Dari semua tes yang dilakukannya, rata-rata hasilnya menunjukkan dia memiliki IQ antara 192 dan 198.

Sebelum menjadi penulis skenario televisi, ia pernah bekerja sebagai penjaga pintu, penari telanjang, dan model telanjang.

Dia juga pernah menggugat kantor berita ABC karena membuat berita yang salah tentang dirinya saat mengikuti kuis Who Wants to Be a Millionaire. Dia berhasil mencapai level hadiah 16.000 dollar saat mengikuti kuis tersebut.

4. Evangelos Katsioulis dengan IQ 198

Dengan skor 198, Evangelos Katsioulis menjadi pemegang IQ tertinggi di dunia menurut World Genius Directory. Psikiater Yunani ini juga memiliki gelar dalam filsafat dan teknologi penelitian medis.

5. Sho Yano dengan IQ 200

Dokter Amerika Sho Yano mulai kuliah pada usia sembilan tahun. Ia berhasil mendapatkan gelar MD dan PhD pada saat berusia 21.

Uniknya, dia juga memiliki sabuk hitam untuk olahraga tae kwon do dan mulai menulis musik saat berusia 4 tahun. Saat ini, dia memfokuskan perhatiannya pada neurologi anak.

6. Nathan Leopold dengan IQ 200

Nathan Leopold memiliki IQ 200 dan mampu berbicara dalam 9 bahasa pada usia 18 tahun. Sayangnya, dia tidak menggunakan kecerdasannya untuk kebaikan.

Ketika berusia 19 tahun, dia dan seorang kaki tangannya ditangkap karena pembunuhan pada tahun 1924. Leopold menghabiskan 33 tahun di penjara sebelum dibebaskan dengan bersyarat.

7. Marilyn von Savant dengan IQ 228

Ketika Marilyn von Savant berusia sepuluh tahun, tes Stanford-Binet (tes kecerdasan individual yang direvisi dari Skala Binet-Simon) menyatakan bahwa dia memiliki IQ 228. Guinness World Record mecatatnya sebagai pemilik IQ tertinggi di dunia.

Namun, pada tahun 1990 rekor tersebut dicabut karena hasil tes tersebut dianggap tidak tepat.

Sejak tahun 1986, dia mampu menjawab pertanyaan filosofis dan matematis untuk pembaca majalah Parade di kolom "Ask Marilyn".

8. Ainan Cawley dengan IQ 263

Anak jenius dari Irlandia ini telah mengikuti kursus kimia kelas tiga di Singapore Polytechnic saat dia baru berusia 8 tahun.

Pada usia sembilan tahun, dia mampu menghapal 518 desimal pertama pi. Saat ini Ainan telah berusia 18 tahun dan mampu menulis naskah serta menyusun musik untuk sebuah film pendek berjudul Reflection at age 12.***

Editor:hasan b
Sumber:kompas.com
Kategori:Ragam
wwwwww