Cegah Kanker Serviks, Vaksin HPV Sebaiknya Diberikan Sejak Dini

Cegah Kanker Serviks, Vaksin HPV Sebaiknya Diberikan Sejak Dini
Ilustrasi. (dream)
Senin, 22 Januari 2018 07:07 WIB
JAKARTA - Jumlah penderita kanker serviks di Indonesia cukup tinggi. Dalam setiap 1.000 perempuan yang menjalani screening kanker serviks dengan pap smear, sebanyak 1,3 pasien positif kanker serviks. Demikian menurut data Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo/ Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Dikutip dari dream, dari data tersebut diperkirakan ada 70.000 penderita kanker serviks di Indonesia. Sayangnya, karena kanker serviks tidak bisa terdeteksi di stadium awal, sebanyak 94% akan meninggal dalam 2 tahun. Untuk itulah satu-satunya cara mencegah kanker serviks adalah dengan vaksin.

''Vaksinasi HPV (Human Pappiloma Virus) untuk mencegah kanker serviks belum menjadi program nasional. Baru sebagian kecil wilayah yang sudah melakukan yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya,'' ujar dr. Andrijono SpOG, Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI), dalam acara Forum Ngobras, di Jakarta Pusat.

Demi memperluas cakupan vaksinasi kanker serviks, Program Nasional Vaksinasi HPV saat ini sedang disiapkan oleh pemerintah. Hal tersebut membuat Andri optimistis kasus kanker serviks di Indonesia bisa menurun.

''Waktu terbaik untuk vaksin HPV dibagi ke dalam 2 kelompok. Pertama pada anak perempuan kelompok usia 9-14 tahun dan kelompok usia 14-44 tahun,'' jelas Andri.

Menurut Andri, pemberian vaksin sedini mungkin pada perempuan Indonesia dikarenakan jumlah pernikahan muda yang terjadi di Indonesia masih sangat tinggi. Perempuan Indonesia

Banyak yang menikah di bawah umur 19 tahun. Oleh karena itu, di awal usia 10 tahun sebaiknya anak perempuan mulai diberikan vaksin.

''Dosis vaksinnya berbeda untuk setiap kelompok usia. Usia belasan dosis vaksinnya cukup dua dosis, dan pada perempuan dewasa diberikan 3 dosis,'' tegas Andri.

Andri menambahkan, di negara-negara maju, pemberian vaksin HPV telah menjadi program nasional dan terbukti secara efektif mengurangi risiko kanker serviks.

''Di negara-negara yang sudah menjalankan program vaksin HPV secara nasional, kejadian kanker serviks secara signifikan turun. Misalnya di Australia turun 50% setelah menjalankan program 10 tahun, bahkan Kanada dan Swedia turun 80-84%. Harapannya di Indonesia juga bisa turun,'' katanya.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam

GoSumbar.com Tak Merasa Hamil dan Siklus Haid Lancar, Gadis 18 Tahun Ini Kaget Tiba-tiba Melahirkan Bayi, Begini Penjelasan Dokter
GoSumbar.com Ibu Mertua Kepergok Menantu Lubangi Semua Kondom di Kamar, Ternyata Ini Tujuannya
GoSumbar.com Ingat, Supermoon Terbesar dan Paling Terang Terjadi Besok Malam
GoSumbar.com Wanita Cantik Ini Hembuskan Nafas Terakhir Beberapa Jam Usai Dinikahi Tunangannya
GoSumbar.com Kasur Ini Bisa Deteksi Pasangan Berselingkuh, Begini Sistim Kerjanya
GoSumbar.com Rasulullah SAW Suruh Umatnya Duduk Saat Buang Air Kecil, Ternyata Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Pria
GoSumbar.com Tradisi Unik, Para Wanita di Pegunungan Himalaya Miliki Beberapa Suami, Ini Sejumlah Alasannya
GoSumbar.com Unik, Wanita Suku Ini Boleh Berganti Suami Setiap Malam
GoSumbar.com Rutinlah Konsumsi Buah Nangka, Ini 8 Khasiatnya bagi Kesehatan, Termasuk Cegah Kanker dan Turunkan Berat Badan
GoSumbar.com Masyarakat Korsel Pilih Pelihara Hewan dari pada Punya Anak, Ini Penyebabnya
GoSumbar.com Tunda Pengobatan Leukimia Demi Bayinya, Brianna Meninggal Bebeberapa Hari Usai Melahirkan
GoSumbar.com Model Supercantik Ini Ternyata Bukan Manusia, Melainkan . . . .
GoSumbar.com Dihujat karena Masih Susui Putranya Berusia 7 Tahun, Begini Jawaban Wanita Ini
GoSumbar.com Cerai dengan Jeff Bezos, MacKenzie Mendadak Jadi Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Rp978,24 Triliun
GoSumbar.com Mengenang Ayah Prabowo Subianto, Sumitro Djojohadikusumo Sang Begawan dan Arsitek Ekonomi Indonesia, Mengubah Struktur Kolonial ke Nasional
GoSumbar.com Tampil Kompak, Prabowo - Sandiaga Dinilai Paling Cocok Pimpin Indonesia
GoSumbar.com Cerai dengan Jeff Bezos, Wanita Ini Bakal Terima Rp967,5 Triliun
GoSumbar.com Beruntunglah Orangtua Memiliki Anak Perempuan, Ini Keutamaannya
wwwwww