Hasil Penelitian, Minum Secangkir Teh Ternyata Bisa Tingkatkan Kreativitas

Hasil Penelitian, Minum Secangkir Teh Ternyata Bisa Tingkatkan Kreativitas
Minggu, 21 Januari 2018 05:03 WIB
JAKARTA - Mengonsumsi teh di pagi hari atau sebelum memulai aktivitas sehari-hari, sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Bahkan, sebagian mereka sudah menjadikannya sebagai suatu kewajiban, memulai hari dengan secangkir teh. Memang, cita rasa teh yang tak perlu diragukan lagi, serta bau harumnya yang khas seolah menjadi penambah energi untuk menapaki hari.

Ternyata, secangkir teh tak hanya bisa menjadi penambah semangat, namun juga bisa meningkatkan kreativitas yang ada dalam diri seseorang. Dilansir dari laman Telegraph.co.uk, tim peneliti dari Universitas Peking, China menemukan bahwa meminum secangkir teh memiliki efek yang bagus bagi kreativitas seseorang.

1. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 50 siswa sebagai sample dalam uji kreativitas

Dalam artikel yang diterbitkan lewat jurnal Food Quality and Preference, tim peneliti dari Universitas Peking, Cina, melibatkan 50 orang siswa dengan umur rata-rata 23 tahun, sebagai sample dari penelitian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kreativitas seseorang bisa dipengaruhi oleh kebiasaan meminum secangkir teh.

50 siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok, kelompok 1 diberikan minuman berupa secangkir black tea atau teh hitam dan kelompok 2 diberi segelas air putih biasa. Selanjutnya, masing-masing kelompok diberi dua buah tugas yang sama. Tugas yang pertama adalah mendesain kerangka bangunan sekreatif dan semenarik mungkin dan yang kedua, memberi nama yang yang sekiranya unik dan keren bagi sebuah restoran Mie Cina.

Kreativitas serta desain dari masing-masing kelompok selanjutnya dinilai oleh sekelompok siswa lain yang tidak tergabung dalam tes tersebut, untuk kemudian dimasukkan ke dalam bentuk skala oleh para peneliti.

2. Hasil penelitian menunjukkan, kreativitas kelompok yang mengonsumsi teh melebihi kelompok yang hanya mengonsumsi air putih

Setelah penilaian dilakukan, didapatkan hasil yang menunjukkan keunggulan kreativitas mereka yang mengonsumsi teh dibanding dengan yang meminum segelas air putih. Di tugas pertama yang mengharuskan mereka menyusun kerangka bangunan, siswa yang meminum teh mendapatkan poin sebesar 6.54, sedangkan yang meminum air putih mendapat poin sedikit lebih kecil yaitu 6.03.

Pada tugas yang kedua, menamai restoran Mie Cina, kelompok peminum teh diberi poin sebanyak 4.11 dan kelompok air putih hanya memperoleh poin sebanyak 3.78. Dari kedua hasil tugas tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa teh membantu proses lahirnya banyak ide terkait dengan tema atau topik yang diberikan. Secara umum, mengonsumsi teh mendorong munculnya kreativitas, serta meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan

3. Teh mengandung unsur kafein dan theanine yang membantu dalam proses pemfokusan pikiran

Unsur kafein dan theanine yang terdapat dalam teh dipercaya berpengaruh dalam proses memunculkan dan meningkatkan kreativitas ini. Kedua unsur tersebut memiliki efek yang bagus dalam membuat fikiran lebih fokus dan tajam, dua hal yang sangat penting dalam fungsi kognitif manusia.

Teh dengan kandungan yang ada di dalamnya, dipercaya mampu untuk menghasilkan serta meningkatkan suasana hati yang positif, sehingga hal tersebut meransang bagian kognitif pada otak untuk bekerja.

Nah, penemuan yang ini bisa jadi menambah deretan panjang alasanmu untuk tetap setia meminum teh, atau bahkan mulai mengonsumsinya secara rutin. Saat kamu merasa stuck dan gak ada ide, secangkir teh mungkin bisa membantu untuk merilekskan fikiranmu dan menolongmu untuk menemukan ide-ide brilian yang baru. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:idntimes.com
Kategori:Ragam
wwwwww