Gunung Mayon Meletus, Abu Vulkanik Semburannya Seperti Sepasang Kekasih Berpelukan, Mengingatkan pada Kisah Cinta Pangaronon-Magayon

Gunung Mayon Meletus, Abu Vulkanik Semburannya Seperti Sepasang Kekasih Berpelukan, Mengingatkan pada Kisah Cinta Pangaronon-Magayon
Semburan abu vulkanik dari Gunung Mayon (kiri) dan ilustrasi pasangan Pangaronon-Magayon. (tribunnews.com)
Minggu, 21 Januari 2018 10:23 WIB
MANILA - Gunung Mayon di Filipina meletus. Sebuah foto yang menunjukkan semburan abu vulkanik dari gunung api tersebut membuat geger rakyat Filipina. Sebab, mengingatkan mereka pada cerita rakyat tentang kisah cinta pemuda tampan Pangaronon dengan gadis cantik Magayon.

Ya, abu vulkanilk yang menyembur dari gunung itu terangkap kamera seperti sepasang kekasih yang tengah berpelukan.

Dikutip dari tribunnews.com, foto yang diambi jurnalis foto Ciriaco Santiago ini mewakili mitos kuno yang ada di Gunung Mayon. Kisah mitos ini menceritakan percintaan tragis antara Panganoron dan Magayon.

Menurut legenda Gunung Mayon, seorang wanita cantik bernama Magayon melarikan diri dari orangtuanya. Saat itu dia dijodohkan dan sudah bertunangan dengan pria bernama Pagtuga. Ia melarikan diri dengan kekasihnya Pangaronon.

Saat melarikan diri, Magayon terkena panah beracun dari anak buah ayahnya. Saat itu Pangaronon kekasihnya berlutut di atas Magayon yang sekarat. Orang yang memburu mereka menusuk Pangaronon dari belakang.

Para pembunuh mengubur mayat Pangaronon dan Magayon bersama. Menurut kisah pasangan yang dikuburkan ini bangkit dan membentuk gunung berapi yang di kenal dengan Gunung Mayon.

Ada yang mengatakan kalau gunung ini erupsi maka Pagtuga sedang menunggu Magayon. Namun, ada juga yang percaya saat itu Pangaronon memeluk Magayon.

Foto gunung meletus ini jadi viral setelah seniman Kerby Rosanes membuat ilustrasi penciptaan gunung Mayon.

Sementara itu Badan Vulkanologi dan Seismologi Filipina menaikkan tingkat kewaspadaan gunung berapi tersebut. Sekitar 15.000 orang diungsikan karena letusan ini.***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:tribunews.com
Kategori:Ragam
wwwwww