Kehadiran Xpander Gerus Harga Jual Avanza Bekas

Kehadiran Xpander Gerus Harga Jual Avanza Bekas
Mitsubishi Xpander dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)di Medan, 22 Nov. 2017. (Beritasatu.com/Heru Andriyanto)
Minggu, 07 Januari 2018 14:30 WIB
JAKARTA - Kehadiran Mitsubishi Xpander tidak hanya mengubah peta persaingan kendaraan baru di segmen low multi-purpose vehicle (MPV), tetapi juga berdampak pada harga jual kendaraan bekas, utamanya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Hal tersebut sudah terlihat di pusat penjualan mobil bekas terbesar di Jakarta yang ada di WTC Mangga Dua. Karena penjualan Mitsubisi Xpander yang laris manis, harga jual kedua model tersebut turun hingga 15 persen.

''X-pander ini bisa dibilang sebagai 'pembunuh' untuk mobil-mobil yang sudah established (mapan), apalagi untuk Avanza dan Xenia bekas. Sejak X-pander mulai dikirim ke diler dan konsumen, harga jual mobil bekasnya turun antara 10 persen sampai 15 persen," kata Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, di Jakarta, Sabtu (6/1/2018).

Herjanto menambahkan, yang paling terkena dampak dari penurunan harga jual Avanza dan Xenia bekas ini tentunya adalah para pemilik mobil-mobil tersebut. Bila ingin menjual mobil bekas mereka, harganya tidak lagi menarik.

"Selain oleh X-pander, penurunan harga jual mobil-mobil bekas yang sudah established ini juga dipengaruhi oleh mobil Wuling. Awal tahun ini, saya rasa trennya akan seperti itu juga," ujar Herjanto.

Meski begitu, Herjanto melihat permintaan terhadap Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia beras masih tetap tinggi, bahkan menjadi yang tertinggi. Apalagi unit yang tersedia juga cukup banyak dibandingkan kendaraan model lainnya.

"Kalau bicara penjualan, yang mencari Avanza dan Xenia sih tetap tinggi. Terutama yang tahun-tahun muda untuk dipakai sebagai taksi online. Atau dijual ke daerah juga masih laku, apalagi yang manual. Tapi memang harganya kalau di daerah jadi turun," ujar Herjanto. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:beritasatu.com
Kategori:Ragam
wwwwww