Hasil Penelitian, Cara Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Daya Ingat 15 Persen

Hasil Penelitian, Cara Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Daya Ingat 15 Persen
Ilustrasi membaca buku. (republika.co.id)
Kamis, 04 Januari 2018 11:26 WIB
JAKARTA - Membaca dengan suara keras bisa meningkatkan kemampuan mengingat 15 persen. Demikian hasil penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas Waterloo di Kanada.

Hasil penelitian itu diterbitkan dalam jurnal memori. Dalam penelitian tersebut ilmuwan meneliti 95 peserta untuk menguji empat metode memperlajar informasi tertulis. Seperti membaca tanpa suara, mendengar orang lain membaca, membaca dengan suara keras dan mendengarkan rekaman bacaan sendiri.

Hasilnya, peserta yang membaca informasi dengan suara keras menunjukkan tingkat retensi terbaik. Dimana peningkatan kecepatan belajar naik 5 sampai 15 persen.

''Katakan informasi yang ingin diingat dengan lantang dan itu akan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengingatnya. Ya, sesederhana itu,'' kata psikolog dan penulis Colin MacLeod.

Seperti yang dilansir dalam laman Bussiness Insider, efek kombinasi bicara dan pendengaran adalah kunci untuk memberi dorongan pada ingatan.

Hal itu disebut oleh para ilmuwan dengan efek produksi, dengan membaca dengan keras, memungkinkan otak menyimpan informasi dalam ingatan jangka panjang.

Naik sebanyak lima persen untuk mengingat sebuah informasi mungkin tidak terdengar sebagai perubahan besar. Namun dibandingkan dengan keanggotaan gym yang mahal dan tumpukan teka-teki silang, sangat mudah dan murah untuk mengingat hanya dengan membaca dan mengeluarkan suara keras.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/