Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
Umum
20 jam yang lalu
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
2
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
22 jam yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
3
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
Olahraga
19 jam yang lalu
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
4
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
Olahraga
19 jam yang lalu
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
5
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
Olahraga
19 jam yang lalu
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
6
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
Olahraga
19 jam yang lalu
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/
Konsultasi Manajemen dan Bisnis

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan B. Inggris dan Usaha Tanpa Modal

Minggu, 10 September 2017 09:32 WIB

Saya tentu sangat bahagia karena sebentar lagi akan menyelesaikan bangku kuliah. Tapi dibalik itu saya merasa cemas juga pak. Apakah ada lapangan pekerjaan yang cocok untuk saya nanti. Saya ingin berbisnis tapi tidak ada modal. Sementara ingin melamar pekerjaan yang cocok dengan jurusan saya kayaknya agak sempit juga, kecuali menjadi guru. Sementara saya tidak berniat menjadi guru.

Maaf pak, pertanyaan saya kesannya memang agak membingungkan. Tapi sebenarnya pertanyaan dan kecemasan saya ini juga dialami ribuan mahasiswa lain. Yang ingin saya tanyakan adalah pekerjaan  yang cocok untuk saya, selanjutnya usaha apa yang bisa saya lakukan karena saya sendiri tidak punya modal yang memadai. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Dani-Medan

Jawaban :

Terima kasih untuk pertanyaannya Dani. Baiklah saya akan merinci satu persatu. Tidak perlu cemas usai wisuda tidak punya pekerjaan, karena jurusan yang Anda masuki sungguh dibutuhkan di era teknologi dan informasi saat ini.

Umumnya perusahaan merekrut karyawan  berdasarkan pertimbangan 3 hal yaitu :

  1. Karakter yang baik

-          Semangat belajar.

-          Keinginan untuk maju.

-          Bertanggungjawab.

-          Memiliki integritas yang tinggi.

-          Proaktif.

  1. Keahlian

Memiliki pengalaman kerja dan keahlian dibidangnya.

  1. Pengetahuan

Memiliki pengetahuan atau teori dibidangnya.

Dari ketiganya, perusahaan lebih mengutamakan karakter yang baik, kemudian dipertimbangkan keahlian dan pengetahuan yang ada dari seorang pelamar kerja. Alasan perusahaan memilih karakter karena keahlian dan pengetahuan bias diperoleh apabila seorang karyawan memiliki karakter yang baik.

Untuk lulusan bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, karena di era teknologi informasi dan sosial media yang sangat maju, perusahaan sudah berorientasi internasional dan bahasa komunikasi yang digunakan adalah bahasa Inggris. Dengan demikian peluang untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris semakin besar dan memiliki potensi untuk berkembang. Lowongan kerja untuk lulusan bahasa Inggris sangat beragam, seperti : perusahaan eksport import, perusahaan e-commerce, dll.

Untuk memulia bisnis baru dengan keterbatasan modal, saat ini sangat memungkinkan karena setiap orang yang ingin memulai bisnis dapat memulainya dari sosial media. Era saat ini disebut era STARTUP karena kebanyakan bisnis sudah didukung oleh sosial media dan internet.

Yang perlu dipersiapkan adalan karakter yang positif dan semangat juang yang tinggi untuk mewujudkannya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sian Yet, SE., M.Si adalah Direktur dan konsultan di TREND DEVELOPMENT CENTER, sebuah institusi yang bergerak dibidang training  konsultasi  seputar  Marketing, Manajemen dan Bisnis .  Berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang manajemen dan marketing. Penulis Buku "STAR MARKETING FOR EVERYONE'S BUSINESS" yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Untuk pertanyaan hubungi [email protected]/[email protected]

Editor:sisie
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/