Konsultasi Manajemen dan Bisnis

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan B. Inggris dan Usaha Tanpa Modal

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan B. Inggris dan Usaha Tanpa Modal
cdn.zettamedia.co
Minggu, 10 September 2017 09:32 WIB

Pertanyaan:

Salam Hormat pak Sian Yet. Semoga sukses dan sehat selalu. Senang sekali dengan adanya rubrik konsultasi Manajemen dan Bisnis yang diselenggarakan oleh Gosumut. Nama saya Dani, mahasiswa jurusan B. Inggris di USU yang saat ini sedang menempuh semester akhir.

Saya tentu sangat bahagia karena sebentar lagi akan menyelesaikan bangku kuliah. Tapi dibalik itu saya merasa cemas juga pak. Apakah ada lapangan pekerjaan yang cocok untuk saya nanti. Saya ingin berbisnis tapi tidak ada modal. Sementara ingin melamar pekerjaan yang cocok dengan jurusan saya kayaknya agak sempit juga, kecuali menjadi guru. Sementara saya tidak berniat menjadi guru.

Maaf pak, pertanyaan saya kesannya memang agak membingungkan. Tapi sebenarnya pertanyaan dan kecemasan saya ini juga dialami ribuan mahasiswa lain. Yang ingin saya tanyakan adalah pekerjaan  yang cocok untuk saya, selanjutnya usaha apa yang bisa saya lakukan karena saya sendiri tidak punya modal yang memadai. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Dani-Medan

Jawaban :

Terima kasih untuk pertanyaannya Dani. Baiklah saya akan merinci satu persatu. Tidak perlu cemas usai wisuda tidak punya pekerjaan, karena jurusan yang Anda masuki sungguh dibutuhkan di era teknologi dan informasi saat ini.

Umumnya perusahaan merekrut karyawan  berdasarkan pertimbangan 3 hal yaitu :

  1. Karakter yang baik

-          Semangat belajar.

-          Keinginan untuk maju.

-          Bertanggungjawab.

-          Memiliki integritas yang tinggi.

-          Proaktif.

  1. Keahlian

Memiliki pengalaman kerja dan keahlian dibidangnya.

  1. Pengetahuan

Memiliki pengetahuan atau teori dibidangnya.

Dari ketiganya, perusahaan lebih mengutamakan karakter yang baik, kemudian dipertimbangkan keahlian dan pengetahuan yang ada dari seorang pelamar kerja. Alasan perusahaan memilih karakter karena keahlian dan pengetahuan bias diperoleh apabila seorang karyawan memiliki karakter yang baik.

Untuk lulusan bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, karena di era teknologi informasi dan sosial media yang sangat maju, perusahaan sudah berorientasi internasional dan bahasa komunikasi yang digunakan adalah bahasa Inggris. Dengan demikian peluang untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris semakin besar dan memiliki potensi untuk berkembang. Lowongan kerja untuk lulusan bahasa Inggris sangat beragam, seperti : perusahaan eksport import, perusahaan e-commerce, dll.

Untuk memulia bisnis baru dengan keterbatasan modal, saat ini sangat memungkinkan karena setiap orang yang ingin memulai bisnis dapat memulainya dari sosial media. Era saat ini disebut era STARTUP karena kebanyakan bisnis sudah didukung oleh sosial media dan internet.

Yang perlu dipersiapkan adalan karakter yang positif dan semangat juang yang tinggi untuk mewujudkannya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Editor:sisie
Kategori:Ragam
wwwwww