Saat Haus, Jangan Konsumsi 5 Minuman dan Makanan Ini

Saat Haus, Jangan Konsumsi 5 Minuman dan Makanan Ini
Ilustrasi kopi. (kompas)
Selasa, 05 September 2017 10:07 WIB
JAKARTA - Sejumlah minuman dan makanan perlu dihindari mengonsumsinya saat sedang haus. Sebab, bisa memperparah rasa haus. Dilansir thehealthsite.com, berikut ini lima minuman dan makanan yang sebaiknya dihindari saat merasa haus.

1. Kafein

Kafein terkenal akan sifat diuretiknya. Hal ini berarti jika kamu mengonsumsinya, maka kamu akan jadi sering kencing. Apalagi jika kamu minum secara berlebihan.

Tentu saja hal tersebut tak baik bagi kamu yang sedang kehausan. Sebab kamu bisa menderita dehidrasi. Kafein sendiri bisa ditemukan di dalam kopi, teh, atau minuman kaleng lainnya.

2. Makanan tinggi garam

Garam atau sodium ternyata bisa makin memperparah rasa haus yang kamu rasakan. Sebab, bila kamu mengonsumsi makanan asin tersebut, maka sel-sel tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak yang membuat ditariknya air keluar dari sel. Akibatnya, kamu jadi makin kehausan. Oleh karena itu hindari makanan tinggi garam seperti makanan kaleng, makanan cepat saji, atau makanan instan lainnya.

3. Minuman bersoda

Meredakan rasa haus dengan minuman bersoda dingin memang menyenangkan. Padahal kebiasaan ini justru bisa membuatmu makin merasa haus. Sebabnya, minuman ini mengandung tinggi gula dan soda yang membuat cairan tubuh ditarik.

4. Kecap

Konsumsi kecap atau saus lainnya yang mengandung kedelai sangat tidak disarankan ketika kamu sedang kehausan. Sebabnya makanan ini bisa menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit yang disebut dengan hypernatremia atau kelebihan sodium dalam darah. Akibatnya kamu jadi makin terasa haus.

5. Makanan instan

Makanan instan terkena akan tingginya kandungan garam, MSG, atau zat pengawet lainnya. Semua zat kimia ini akan menarik cairan tubuh sehingga akan makin membuatmu kehausan.

Ketika rasa haus menyerang, sebaiknya meminum air putih untuk meredakannya. Jika air putih tak tersedia, bisa mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung tinggi air seperti semangka, melon, atau selada yang sama-sama memberikan efek untuk meredakan rasa haus.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/