Selain Azan dan Iqamat, Bacakan Ayat Ini Agar Anak Terhindar dari Zina

Selain Azan dan Iqamat, Bacakan Ayat Ini Agar Anak Terhindar dari Zina
Ilustrasi. (dream)
Kamis, 31 Agustus 2017 18:50 WIB
SALAHsatu kecemasan orangtua ketika anaknya mulai beranjak remaja adalah terseretnya ke dalam pergaulan bebas dan terjerumus melakukan zina.

Agar anak terhindar dari perbuatan zina, orangtua harus mengajarkan dan menanamkan norma-norma agama di dalam jiwa anak-anaknya.

Selain itu, Islam juga menganjurkan orangtua melakukan amalan tertentu. Yakni menjaga anak secara batin, termasuk doa khusus ketika berhubungan suami istri, hamil, proses persalinan sampai anak bertumbuh kembang hingga dewasa. Doa selalu dibutuhkan sebagai penguat ruhaniyah.

Dalam hal persalinan, Syaikh Ibrahim Al Bajuri mengatakan bahwa anak yang baru lahir disunahkan untuk dibacakan azan pada telinga bagian kanan bagi anak laki-laki dan iqamat pada telinga kiri bagi anak perempuan.

Azan dan iqamat ini, menurut Imam Al Bajuri, selain dalam rangka menghindarkan mereka dari gangguan wanita pengikut jin (ummus shibyan) atau qarinah (qarin perempuan) juga menjadi media pengenalan mereka pada tauhid sejak dini.

Jadi suara pertama kali yang dikenalkan kepada anak adalah kalimat tauhid sebagaimana kalimat terakhir yang perlu ditalqinkan kepada orang yang akan meninggal adalah kalimat La ilaha illah.

Selain mengutip hadits Rasul, Syaikh Ibrahim juga mengijazahkan sebuah amalan yang beliau dapat dari Syaikh Ad Dairobiy yang didapatkan dari para masyayikh atau guru-guru beliau, supaya anak yang baru lahir dibacakan surat Al Qadar (Inna Anzalnahu). Anak yang dibacakan ini tidak akan ditakdirkan oleh Allah akan melakukan zina sepanjang hayatnya.

Dikutip dari Syaikh Ad Dairobiy bahwa sunah untuk dibacakan pada telinga anak, surat Inna Anzalnahu. Sebab orang yang melakukan ini, Allah tidak akan menakdirkan dia zina sepanjang hidupnya.

Ad-Dairobi berkata, demikianlah yang kami dapat dari para guru kami. (Lihat Ibrahim, Al Bajuri, [Beirut: Darul Kutub Al Ilmiyah], v:2, h: 572).

Jadi, setelah anak baru lahir dari rahim ibunya, selain dibacakan azan pada telinga kanan atau iqamah di telinga kiri juga perlu dibacakan surat al-Qadr pada telinga bagian kanan.***

Editor:hasan b
Sumber:drea.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/