Belum Lama Operasi Caesar Sudah Hamil Lagi, Ini Risikonya

Belum Lama Operasi Caesar Sudah Hamil Lagi, Ini Risikonya
Ilustrasi ibu hamil. (tribunnews)
Rabu, 09 Agustus 2017 12:04 WIB
JAKARTA - Bila Anda memungkin melahirkan secara normal, sebaiknya menghindarkan operasi caesar. Sebab, pemulihan pasca operasi caesar membutuhkan waktu lama, sehingga harus menunda kehamilan berikutnya.

Dilansir Parents.com, banyak dokter menyarankan bagi para wanita untuk menunggu 18-24 bulan jika ingin hamil lagi, apalagi jika melahirkan secara caesar. Jarak waktu ini memberikan waktu tubuh untuk pulih setelah operasi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa hamil lagi kurang dari enam bulan setelah operasi caesar bisa meningkatkan risiko komplikasi seperti rahim pecah atau memiliki bayi dengan berat badan rendah selama kehamilan.

Jika ingin mencoba melahirkan normal atau melalui vagina juga cukup sulit.

Tentu saja, ada banyak wanita yang hamil lagi dan bisa melahirkan bayi yang sehat meski belum lama menjalani operasi caesar.

Tapi jika kamu berusia lebih dari 35 tahun, kamu tentu tak mau menunggu terlalu lama untuk bisa punya anak lagi karena risiko tingkat kesuburan yang menurun.

Jika sudah terlanjur hamil lagi padahal belum lama operasi caesar, pastikan saja bumil mencukupi nutrisi selama kehamilan, tidak banyak melakukan aktivitas berat, jangan terlalu lelah dan menjaga kesehatan secara umum.

Bisa hamil dan punya anak memang menjadi anugerah yang harus disyukuri. Anak adalah pelengkap rumah tanggamu yang indah bersama suami. Tapi usahakan untuk memberi jeda yang cukup sebelum bisa hamil lagi.***

Editor:hasan b
Sumber:vemale.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77