Tentara AS dan Sekutu Saling Salah Tembak, Tiga Tewas

Tentara AS dan Sekutu Saling Salah Tembak, Tiga Tewas
Area pertempuran di Afghanistan (BBC/Ruhullah Rohani)
Senin, 12 Juni 2017 11:36 WIB
KABUL - Tiga pasukan khusus Amerika Serikat disebutkan tewas tertembak. Namun mereka bukan ditembak musuh saat berada di bagian timur Afghanistan, melainkan tertembak oleh sesama kolega mereka yang berasal dari tentara Afghanistan.

Diketahui bahwa pasukan AS melakukan operasi bersama dengan pasukan Afghanistan untuk mengamankan wilayah itu dari kelompok Taliban dan ISIS.

Dilaporkan otoritas Provinsi Nangahar bahwa tentara tersebut tewas setelah membalas tembakan dari komando tentara Afghanistan di Wilayah Achin. Penembakan ini kemudian berujung maut. Sementara tentara AS lainnya juga disebutkan mengalami luka-luka.

Taliban menyatakan bahwa mereka yang memicu adanya penembakan 'nyasar" terhadap pasukan AS itu. Selain itu, militan ISIS juga diketahui masih ada di wilayah tersebut.

Sementara itu, dua hari sebelumnya, justru dua orang polisi Afghanistan yang tertembak oleh pasukan AS yang sedang beroperasi. Penembakan itu terjadi di Provinsi Helmand sebagaimana dilansir laman BBC.

Pasukan AS berdalih bahwa para polisi tersebut masuk terlalu dekat ke garis wilayah musuh sehingga sempat dianggap sebagai bagian kelompok teroris. Namun belakangan militer AS telah meminta maaf atas penembakan keliru yang mengakibatkan kematian itu.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:viva.co.id
Kategori:Ragam
wwwwww