Trump Perintahkan Penasihat Militer Siapkan Serangan ke Korut

Selasa, 11 April 2017 16:07 WIB
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memerintahkan penasihat militernya untuk menyiapkan daftar opsi rencana untuk menyerang Korea Utara (Korut) dengan target program nuklirnya. Salah satu penasihat militer Trump, Letnan Jenderal H.R. McMaster, mengonfirmasi perintah itu.

Salah satu opsi yang kemungkinan diambil militer AS adalah mengombinasikan aksi penggerebekan pasukan khusus dan serangan rudal pre-emptive.

Salah satu masalah yang dihadapi dalam operasi militer yang dipimpin Amerika untuk menghantam pemimpin Pyongyang Kim Jong-Un adalah jaringan terowongan yang rumit di bawah ibu kota Pyongyang.

Para perencana perang AS dilaporkan mengalami kesulitan memetakan kompleks bawah tanah rezim Korut. Mereka percaya ada ratusan situs artileri dan pesawat di bawah tanah.

Baca: Didekati Kapal Induk AS, Korut Nyatakan Siap Perang

Berbicara kepada Fox News, McMaster mengatakan; “Ini bijaksana untuk melakukannya, bukan?”.

”Presiden sebelumnya dan Presiden Trump sepakat bahwa ini tidak dapat diterima, bahwa apa yang harus terjadi adalah denuklirisasi semenanjung (Korea),” ujar McMaster.

”Presiden telah meminta (kami) harus siap untuk memberikan berbagai macam pilihan untuk menghapus ancaman (nuklir) itu,” katanya, yang dilansir Selasa (11/4/2017).

Laporan ini muncul setelah militer AS meluncurkan rudal-rudal jelajah Tomahawk terhadap pangkalan udara rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad pekan lalu. Penargetan militer rezim Assad oleh AS ini merupakan yang pertama kali sepanjang konflik Suriah. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwww