Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang
Korut kembali melakukan uji coba rudal jelang pertemuan Presiden Cina Xi Jinping dengan Presiden AS Donald Trump. Foto/Istimewa
Rabu, 05 April 2017 14:13 WIB
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah menembakkan rudal balistik dari pelabuhan timurnya dari Sinp ke Laut Jepang. Demikian yang dikatakan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel).

Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan rudal itu terbang sekitar 60 km  seperti dikutip dari BBC, Rabu (5/4/2017). 

Peluncuran ini adalah yang terbaru dalam serangkaian tes yang dikatakan oleh Korut bertujuan damai. Meski begitu, bagi Barat uji coba ini menimbulkan ketakutan karena bagian dari program untuk mengembangkan senjata nuklir.

Peluncuran ini terjadi pada malam kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke AS untuk bertemu dengan Presiden Donald Trump. Keduanya akan membahas bagaimana untuk mengendalikan program nuklir dan rudal Korut.

Korut dilarang melakukan uji coba rudal atau nuklir oleh PBB, meskipun berulang kali melanggar sanksi tersebut.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bahwa rudal yang diluncurkan jenis intermediate. "Amerika Serikat telah berbicara cukup tentang Korut. Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut," katanya.

Komando militer Pasifik AS mengatakan rudal yang ditembakkan adalah rudal rudal balistik KN-15 jarak menengah. "Amerika Utara Aerospace Defense Command (Norad) memastikan peluncuran rudal dari Korut tidak menimbulkan ancaman bagi Amerika Utara," katanya.

Jepang menyebut peluncuran itu sebagai aksi "provokatif", sementara Korsel mengecam sebagai tantangan yang tumpul untuk PBB dan ancaman bagi perdamaian dan keamanan masyarakat internasional serta semenanjung Korea.

Bulan lalu, Korut menembakkan empat rudal balistik menuju Laut Jepang dari wilayah Tongchang-ri, dekat perbatasan dengan Cina. PM Jepang Shinzo Abe menyebutnya sebagai "tahap baru ancaman".

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwww