Banyaknya Gempa, Tanda Kiamat Makin Dekat?

Banyaknya Gempa, Tanda Kiamat Makin Dekat?
Ilustrasi
Rabu, 22 Februari 2017 13:10 WIB

Gempa bumi yang belakangan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia serta berbagai kawasan di dunia mengisyaratkan kepada kita akan sebuah tanda.

Meskipun tidak termasuk kepada tanda-tanda kiamat sugra (kecil) ataupun tanda kiamat besar (kubra). Namun para ulama sepakat, kedatangan Imam Mahdi merupakan tanda-tanda kiamat.

Sementara sejumlah hadits menyebutkan, ada tanda-tanda yang mengikuti kemunculan Imam Mahdi. Salah satunya adalah tentang banyak gempa bumi yang terjadi. 

Salah satunya adalah hadits di bawah ini yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam haditsnya.

“Aku kabarkan berita gembira mengenai al Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antarmanusia dan gempa-gempa. Maka Ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman.” (HR Ahmad)

Selain banyaknya terjadi gempa, perselisihan antarmanusia juga akan merebak sebelum munculnya Imam Mahdi.

Bahkan dalam hadits lain dikatakan kiamat tidak akan terjadi sehingga banyak terjadi gempa.

“Tidak akan datang kiamat sehingga banyak terjadi gempa bumi." [Shahih Bukhari, Kitab Al-Fitan 13 : 81-82]

Meski demikian, musibah apapun yang terjadi sepatutnya membuat kita selalu berintrospeksi diri dalam menjalani kehidupan. Maut yang datang secara tiba-tiba tidak mengenal waktu, baik itu datangnya melalui bencana ataupun sakit yang kita derita.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:arah.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/