Pengidap Diabetes Dianjurkan Konsumsi 3 Jenis Buah Ini

Pengidap Diabetes Dianjurkan Konsumsi 3 Jenis Buah Ini
Rabu, 03 Agustus 2016 10:05 WIB
JAKARTA - Mengonsumsi buah sangat dianjurkan, karena sangat bermanfaat bagi kesehatan. Khusus bagi pengidap diabetes, ada tiga jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Dikutip Goriau.com dari detikhealt, seperti dikutip dari buku 'Terapi Jus: Cara Nikmat Hidup Sehat' yang ditulis oleh dr Nadjibah Yahya, Dipl. CIBTAC dan Rachma S. Sutrisno, MSi, diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurang olahraga, merokok, stres, hingga kurang tidur. Nah, kebiasaan-kebiasaan ini bisa mengakibatkan naiknya kadar gula di dalam darah.

Dalam jangka panjang, pola hidup demikian dapat menyebabkan obesitas dan dampak selanjutnya adalah diabetes.

Menurut para penulis, buah-buahan yang mampu mengatasi diabetes antara lain bengkuang, nanas dan tomat. Ketiganya memiliki kadar vitamin B6 yang cukup tinggi. Nah, kandungan ini sendiri diketahui sangat baik bagi para diabetesi.

"Biasanya pada pasien diabetes kadar vitamin B6-nya sangat rendah. Vitamin ini diperlukan untuk menurunkan kerja pankreas," imbuh penulis.

Bengkuang dapat mengendalikan kadar gula darah karena kaya akan serat. Sementara nanas juga baik untuk dikonsumsi karena dapat mempercepat metabolisme tubuh, sehingga kadar gula dalam darah dapat diturunkan.

"Demikian juga dengan tomat. Tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, tomat juga mampu memperbaiki sel dan pankreas," tutur penulis.***

Editor:sanbas
Sumber:detikhealt
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/