Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Pesta Mewah Victoria Beckham Rayakan Ultah ke-50
Umum
23 jam yang lalu
Pesta Mewah Victoria Beckham Rayakan Ultah ke-50
2
Inara Rusli dan Virgoun Berdamai demi Anak
Nasional
23 jam yang lalu
Inara Rusli dan Virgoun Berdamai demi Anak
3
Iqbaal Ramadhan Berbagi Karya dan Kegiatan Terbaru Lewat Saluran WhatsApp Khusus
Nasional
23 jam yang lalu
Iqbaal Ramadhan Berbagi Karya dan Kegiatan Terbaru Lewat Saluran WhatsApp Khusus
4
Mauricio Souza Sebut Permainan Madura United FC Berkembang
Sepakbola
23 jam yang lalu
Mauricio Souza Sebut Permainan Madura United FC Berkembang
5
Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Sambut Kelahiran Buah Hati
Umum
24 jam yang lalu
Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Sambut Kelahiran Buah Hati
6
Persija Jakarta Nodai Pesta HUT Barito
Olahraga
23 jam yang lalu
Persija Jakarta Nodai Pesta HUT Barito
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/

Ini Bunyi Sumpah 7 Gubernur-Wakil Gubernur Saat Dilantik Jokowi

Ini Bunyi Sumpah 7 Gubernur-Wakil Gubernur Saat Dilantik Jokowi
Pelantikan 7 gubernur-wakil gubernur di Istana Negara, (12/2).
Jum'at, 12 Februari 2016 16:12 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik 7 gubernur dan wakil gubernur hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Istana Negara, Jakarta. Prosesi pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung Jokowi.

Dengan didampingi oleh para rohaniawan, pada Jumat, (12/2/2016), 7 kepala daerah tersebut mengikuti lafaz sumpah yang dibacakan oleh Jokowi. ?"?Apakah Anda bersedia diambil sumpah?" ucap Jokowi. ?

"Bersedia," jawab 7 kepala daerah tersebut, yang didampingi seorang rohaniwan muslim.

Dalam sumpahnya, para kepala daerah tersebut ?menyatakan siap menjalankan tugas sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ucap para kepala daerah tersebut secara serentak. 

?Para kepala daerah tersebut juga berjanji memenuhi tugas-tugasnya sebagai kepala daerah dan memimpin dengan kejujuran dan seadil-adilnya.

Setelah prosesi pembacaan sumpah dan pelantikan selesai dilakukan, selanjutnya Jokowi dan 7 kepala daerah tersebut  menandatangani berita acara yang disaksikan para tamu yang hadir. Satu persatu, gubernur dan wakil gubernur yang telah disumpah menandatangani berita acara ditandatangani Jokowi.

Gubernur dan wakil Gubernur yang dilantik Jokowi adalah Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan wakilnya Rudy Resnawan, Gubernur Jambi, Zumi Zola dan wakilnya Fachrori Umar, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan wakilnya Nasrul Abit.

Lalu, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan wakilnya Steven Octavianus, Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani dan wakilnya, Nurdin Basirun, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie dan wakilnya Udin Hianggio serta Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti dan wakilnya Rohidin Mersyah.

Amanat Jokowi

Setelah penandatanganan berita acara, Jokowi kemudian menyampaikan amanat dan arahan kepada para gubernur dan wakil gubernur tersebut. Dalam arahannya, Jokowi meminta agar para kepala daerah tersebut peka terhadap berbagai persoalan yang terjadi di daerahnya. ?

"Kini saatnya kita melangkah bersama untuk ujian sejarah yang maha berat, memenuhi janji-janji saudara di daerah. Saudara-saudara harus janji kerja siang dan malam untuk pastikan semua masyarakat bisa merasakan kebijakan pemerintah," tutur Jokowi.

Para kepala daerah juga diperintahkan untuk memastikan kebutuhan air, listrik, hingga transportasi masyarakat terpenuhi. Selain itu masyarakat juga harus bisa menikmati kemudahan akses pendidikan dan kesehatan.

"Jangan kerja di belakang meja, turun langsung ke lapangan untuk selesaikan masalah," imbuh Jokowi.

Jokowi juga meminta gubernur dan wakilnya menjadi dwitunggal yang saling melengkapi. Keduanya harus saling membantu dalam menjalankan kebijakan.

"Saudara-saudara harus dekat dengan rakyat sehingga saudara-saudara tetap jadi pemimpin yang dipercaya," ungkap Jokowi yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Setelah menyampaikan amanatnya Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, para pejabat, dan tamu yang hadir selanjutnya secara bergantian memberikan ucapan selamat.

Upacara pelantikan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015 yang dimulai pada pukul 14.30 WIB itu juga dihadiri para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Kepala BIN Sutiyoso, para pimpinan DPR, DPD, dan MPR. Sementara itu, Ketua umum partai politik yang hadir di antaranya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan politikus PPP Romahurmuziy.***

Editor:sanbas
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/