Rumah Tertimpa Tanah Longsor, Bayi 1,5 Tahun Selamat Tanpa Luka

Rumah Tertimpa Tanah Longsor, Bayi 1,5 Tahun Selamat Tanpa Luka
(liputan6.com)
Rabu, 10 Februari 2016 10:25 WIB
BATU - Sebuah rumah di Dusun Ngebruk Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Jawa Timur rusak akibat tertimpa longsoran tebing setinggi 10 meter. 2 penghuni rumah tersebut harus dilarikan ke Puskesmas untuk menjalani perawatan.

Kedua korban adalah Suliyati, pemilik rumah yang shock akibat kejadian itu dan menantunya Dian mengalami luka pada bagian kepala akibat tertimpa kayu penyangga rumah. Seorang penghuni lagi, Dico yang masih berusia 1,5 tahun selamat tanpa luka sedikitpun.

Kepala Desa Gunungsari Andi Susilo mengatakan, hujan deras mengguyur sejak siang sampai malam tadi. Suara bergemuruh terdengar sebelum rumah itu diterjang material longsor.

"Saat material menghantam rumah, Suliyati sedang menggendong cucunya di teras rumah sedangkan menantunya di dalam. Suliyati selamat karena sempat menghindar, sedangkan menantunya tertimpa kayu rumah," ujar Andi di Kota Batu, Selasa 9 Februari 2016.

Warga setempat sempat kesulitan untuk menolong karena curah hujan yang cukup tinggi. Apalagi, tebing di sekitar rumah itu juga masih rawan longsor susulan. Penghuni rumah akhirnya bisa dibawa ke Puskesmas setempat untuk menjalani rawat inap.

Kepala Seksi Pencegahan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, M Rochim mengatakan masih ada beberapa rumah lainnya di kawasan itu yang rawan tertimpa longsor.

"Tebing rawan longsor itu juga mengancam setidaknya 4 rumah lainnya di dekat rumah milik Suliyati," kata Rochim.

Selain faktor curah hujan yang tinggi, ketiadaan tanaman besar penyangga menyebabkan tebing mudah longsor. Ditambah lagi keberadaan saluran irigasi di atas tebing yang meluap hingga menggerus tanah dan longsor menimpa rumah di bawahnya.***

Editor:sanbas
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/