Banyak Jenis Kanker Anak, Hanya 1 yang Bisa Dideteksi Dini

Banyak Jenis Kanker Anak, Hanya 1 yang Bisa Dideteksi Dini
Ilustrasi. (lp6c)
Kamis, 04 Februari 2016 09:29 WIB
JAKARTA - Bagi orang dewasa ada banyak jenis kanker yang bisa dideteksi dini. Kanker payudara bisa dengan SADARI (periksa payudara sendiri). Pada kanker serviks bisa dideteksi dini lewat tes IVA dan pap smear. Namun pada kanker anak hanya satu jenis kanker yang bisa dideteksi dini.

"Di antara sekian banyaknya kanker anak, hanya satu jenis yang bisa dideteksi dini, yakni kanker bola mata atau retinoblastoma," terang konsultan kanker anak RS Dharmais Jakarta, dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA dalam konferensi pers 'Anyo Charity Run & Festival' di Alam Sutera, Rabu (3/2/2015). 

Deteksi dini pada retinoblastoma bisa menggunakan opthtalmoscope, suatu alat yang berfungsi melihat bagian dalam mata. Bila mata anak dalam kondisi normal, maka pemeriksa melalui opthalmascope akan melihat warna merah terpantul dari bagian tengah bola mata anak.

Jika pemeriksa tidak melihat warna merah terpantul, direkomendasikan untuk segara membawa anak ke fasilitas kesehatan lebih lengkap. Itulah sebabnya pemeriksaan ini diberi nama "Lihat Merah".

"Jika sesudah dilakukan pemeriksaan ditemukan adanya kanker, namun setidaknya dapat menemukan kanker ini pada tahap awal. Sehingga bisa menyelamatkan mata, pandangan, dan nyawa anaknya," terang dokter Edi.

Pemeriksaan 'Lihat Merah' bisa dilakukan di puskesmas oleh tenaga kesehatan terlatih. Dokter Edi berharap para orangta mau memeriksakan anaknya sekali setahun selama masih berusia balita.

"Kanker ini terjadi pada anak di bawah lima tahun," ujarnya.***

Editor:sanbas
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/