Ingin Terhindar Sakit Maag? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Ingin Terhindar Sakit Maag? Coba Lakukan 5 Hal Ini
Ilustrasi.(int)
Selasa, 02 Februari 2016 08:27 WIB
JAKARTA - Sehat itu pilihan. Tentu siapa pun tidak ada yang ingin terserang penyakit maag atau dikenal sebagai gastritis karena ketika seseorang mengalami sakit maag, aktivitas akan terganggu. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk waspada dan mengetahui gejala-gejala sakit maag sehingga bisa beraktivitas dengan nyaman.

Secara umum, penyakit maag ditandai dengan radang atau luka pada dinding lambung yang dapat menyebabkan rasa kembung dan perih di ulu hati.

Pada beberapa orang, gejala penyakit maag juga bisa ditandai dengan menurunnya nafsu makan, rasa mual dan ingin muntah. Jika mengalami gejala seperti itu, Anda perlu waspada karena sakit maag sedang menyerang Anda.

Namun bagi penderita sakit maag, Anda tidak perlu khawatir bahwa penyakit ini akan selalu mengganggu aktivitas anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terserang penyakit maag.

Pertama, jaga pola makan Anda sebaik mungkin. Upayakan agar pola makan sehari-hari dilakukan secara teratur pada jam yang sama agar asam lambung anda tidak naik. Pasalnya, penyakit maag lebih rentan muncul pada orang yang tidak memiliki jam makan yang teratur.

Kedua, pastikan pola makan Anda terdiri dari makanan yang seimbang dan menyehatkan. Dalam hal ini, anda harus mengkonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh dalam satu hari. Jadi upayakan tidak hanya mengkonsumsi karbohidrat dan lemak saja, namun juga perlu untuk mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran.

Ketiga, hindari makanan dan minuman yang bisa memicu sakit maag seperti makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, kopi, alkohol maupun minuman bersoda. Jenis makanan dan minuman seperti ini sangat mudah untuk merangsang produksi asam lambung sehingga bisa menyebabkan luka pada lambung anda. Sebaiknya, anda juga perlu untuk mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh untuk membantu tubuh tetap beraktifitas dengan maksimal dan optimal. Usahakan mengonsumsi 1-3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan serta sebelum tidur.  

Keempat, miliki management stress yang baik dan lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun pastikan olahraga yang dijalani ringan sehingga tidak membebankan kondisi tubuh yang sudah pernah mengalami penyakit maag. Ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit setiap hari. Atau melakukan gerakan ringan di bawah sinar matahari saat pagi hari. Selain itu pastikan tubuh juga mendapatkan istirahat yang cukup yaitu 6-8 jam setiap hari.

Terakhir, bagi yang sudah terlanjur mengalami gejala maag ataupun penyakit maag, Anda bisa segera mengatasinya dengan menkonsumsi obat yang mengandung antasida dan biasanya sering Anda termui pada obat sakit maag. Dari berbagai jenis antasida yang ada di pasaran saat ini, antasida yang terbukti mampu meredakan asam lambung dengan cepat dan aman untuk di konsumsi adalah jenis antasida hydrotalcite seperti formula hydrotalcite.

Dengan mengusung gaya hidup yang sehat maka membawa dampak positif bagi tubuh Anda. Jika kondisi fisik Anda sehat, Anda bisa melakukan aktivitas dengan nyaman sehingga hasil yang diperoleh pun menjadi optimal.***

Editor:sanbas
Sumber:tempo.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/