Waspadalah, Asap Rokok Bisa Sebabkan Bayi Lahir Prematur, Ini Penjelasannya

Waspadalah, Asap Rokok Bisa Sebabkan Bayi Lahir Prematur, Ini Penjelasannya
Ilustrasi. (int)
Kamis, 28 Januari 2016 09:16 WIB
JAKARTA - Bila Anda sedang hamil, jangan lupa membawa masker jika bepergian ke luar rumah. Studi mengungkapkan bahwa paparan asap dan polusi yang berlebihan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur hingga 19 persen.

Dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti dariĀ  Cincinnati Children's Hospital Medical Center dan University of Cincinnati, risiko tertinggi umumnya terjadi jika wanita terpapar asap selama trimester ketiga kehamilan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kelahiran prematur terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, dan merupakan penyebab utama kematian bayi. Oleh sebab itu, mewaspadai paparan asap bisa menjadi salah satu upaya pencegahan bayi lahir prematur.

"Ibu yang terkena polusi udara tingkat tinggi memiliki risiko kelahiran prematur yang tinggi juga. Kami memperkirakan bahwa mengurangi jumlah partikel di udara di bawah ambang batas standar dapat menurunkan kelahiran prematur pada wanita," tutur salah satu peneliti yang terlibat, Dr Emily DeFranco, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (28/1/2016).

Selain meningkatkan risiko kelahiran prematur, paparan asap polusi juga memberikan pengaruh negatif lain pada wanita. Apa itu?

Dr Shruthi Mahalingaiah, peneliti dari Boston University School of Medicine mengatakan tinggal dekat jalan raya membuat wanita rentan terpapar polusi udara dari asap kendaraan bermotor. Hal ini membuat kemungkinan wanita mengalami infertilitas atau kemandulan meningkat hingga 11 persen.

Hasil penelitian membuktikan bagi wanita yang tinggal dengan jarak kurang dari 200 meter dari jalan raya memiliki ririsko 11 persen mengalami infertilitas. Peneliti menyimpulkan semakin dekat jarak rumah dengan jalan raya, semakin tinggi pula risikonya.***

Editor:sanbas
Sumber:detikhealt
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/