Ibu Hamil Jangan Sampai Digigit Nyamuk Ini, Bisa Sebabkan Kepala Janin Menyusut, Bahkan Mematikan

Ibu Hamil Jangan Sampai Digigit Nyamuk Ini, Bisa Sebabkan Kepala Janin Menyusut, Bahkan Mematikan
Nyamuk Aedes albopictus betina menyedot makan darah dari kulit manusia. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. sedang menyelidiki mewabahnya virus Zika yang diduga ditularkan oleh nyamuk tersebut ataupun aedes aegypti. (tempo.co)
Minggu, 24 Januari 2016 09:03 WIB
JAKARTA - Virus zika menjadi mimpi buruk bagi ibu yang sedang hamil. Virus ini dibawa nyamuk dan ditularkan hanya dalam satu gigitan. Penyakit ini berpotensi mematikan bayi dalam kandungan atau menyebabkan bayi terlahir cacat.

Dilansir dari www.mirror.co.uk, wabah virus zika diduga menjadi penyebab di balik lonjakan anak cacat di Brazil, dan penularan lokal penyakit ini juga telah ditemukan di 13 negara dan wilayah lainnya.

Tiga orang Inggris dilaporkan jadi korban. Mereka terkena di Amerika Selatan, tetapi tidak secara alami terjadi di Inggris. "Pada Januari 2016, ada tiga kasus yang berhubungan dengan perjalanan ke Colombia, Suriname dan Guyana, telah ditemukan dari wisatawan asal Inggris," kata Pusat Kesehatan Inggris.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, akibat tertular virus zika, penderitaan akan mengalami demam, ruam dan nyeri sendi. Perbandingannya, ada satu dari lima orang yang bisa terjangkit virus ini, dan menjadi berbahaya bila yang terkena adalah ibu hamil.

Bagi janin, virus dapat menyebabkan bayi dalam kondisi microcephaly, yang berarti anak akan terlahir abnormal dengan kepala kecil. Dan banyak anak yang meninggal karena kondisi ini karena menyebabkan kerusakan otak yang parah.

Di Brazil pada 2015 ada 3000 kasus microcephaly, dan ini meningkat drastis dibanding 2014 yang berjumlah 200 kasus. Namun tidak jelas berapa banyak penyakit microcephaly yang disebabkan langsung oleh virus zika.

Virus zika ditularkan oleh nyamuk Aedes Albopictus dan menginfeksi orang yang menggigit.  Hingga saat ini belum ada vaksin untuk membunuh virus zika dan penderita hanya bisa membiarkannya.

Untungnya wabah virus ini belum menjangkiti Indonesia. Karena itu untuk menghindari terjangkitnya virus zika adalah dengan menghindari bepergian ke negara Amerika Selatan.

Bila anda sedang perjalanan ke sana, anda harus menggunakan pakaian tertutup, memakai losion anti nyamuk, tidur di bawah kelambu dan lakukan hal apapun untuk menghindarkan anda dari serangga.***

Editor:sanbas
Sumber:tempo.co
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/