SMAN 1 Idi, 'Sarangnya' Para Tokoh Terbaik Aceh

SMAN 1 Idi, Sarangnya Para Tokoh Terbaik Aceh
Selasa, 15 November 2016 16:32 WIB
Penulis: Ilyas Ismail

IDI - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Idi Rayeuk, merupakan sekolah tertua di Aceh Timur. Sekolah ini didirikan pada tahun 1975. Sebagai sekolah SMA pertama di daerah ini, telah banyak tokoh yang dilahirkan.

Pada awal pendirianya, sekolah ini masih berstatus sebagai sekolah swasta dengan hanya memiliki satu ruang belajar. Namun seiring dengan perkembangannya, pasca penegerian pada tahun 1978, sekolah ini pun terus berbenah. Hingga tahun 2016 ini, jumlah ruang belajar mencapai 29 kelas.

Sebagai sekolah tertua, sekolah yang terletak di  Jalan Medan-Banda Aceh, Tanoh Anou, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur ini, merupakan salah satu sekolah terlengkap dan menjadi sekolah favorit di Aceh Timur.  

Perkembangan sekolah ini tentu saja tidak lepas dari peran kepala sekolah dan para guru sejak awal pendirian hingga sekarang. Kepala sekolah yang pernah bertugas di SMAN 1 Idi Rayeuk di antaranya sebagai berikut :

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan Indonesia, pada tahun 2016 SMA Negeri 1 Idi Rayeuk menjadi sekolah rujukan bagi SMA lainya yang ada di Kabupaten Aceh Timur. Pemilihan SMA Rujukan ini bertujuan untuk mempercepat terpenuhinya standar nasional pendidikan (SNP).

SMA Rujukan  adalah SMA yang telah memenuhi atau melampaui SNP, mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar, mengembangkan praktik terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan. Selain itu melakukan inovasi dan berprestasi baik secara akademik maupun non akademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak menjadi rujukan SMA lain.

Hingga tahun 2016 ini SMAN 1 Idi Rayeuk, mempunyai jumlah guru sebanyak 71 orang, terdiri dari guru PNS sebanyak 47 orang, guru honor dan kontrak sebanyak 21 orang dengan berbagai tingkat pendidikan.

SMA1 Idi saat ini di kepalai oleh Husaini. Pria kelahiran Kampung Baro, 17 Juli 1969,  merupakan lulusan FKIP Bahasa Inggris Unsyiah tahun 1994.  Ia melanjutkan S2 Manajemen Pendidikan di Unsyiah tahun 2005.

Sejak tahun 1975 hingga 2016, SMAN 1 Idi Aceh Timur telah melahirkan tokoh – tokoh seperti Plt Bupati Aceh Timur, Amhar Abubakar, tokoh migas Ibrahim Hasyem, Presiden Direktur Pertagas Aceh, T Khaidir, Rektor Unsyiah, Samsul Rijal, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, T. Bahrumsyah dan banyak tokoh lainya.

Deretan mantan alumni sekolah ini lainnya adalah Kepala Dinas Perikanan dan Kalautan Aceh, T Diuddin.  Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur, Abd Munir, Kepala DPKKD Aceh Timur T. Munzar, Kepala BLHKP Fahkrurrazi, Diretur RSUD Idi, dr T. Iskandar,  dan puluhan kepala sekolah serta kabid di sejumlah SKPD Aceh Timur.

Editor:TAM
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77