Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
Olahraga
23 jam yang lalu
Indonesia Taklukkan Australia, Gol Tunggal Komang Buka Peluang ke Perempat Final
2
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
Olahraga
4 jam yang lalu
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
3
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
Olahraga
4 jam yang lalu
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Anggota DPRD Payakumbuh Wulan Denura

Kartini, Srikandi inspirasi Bagi Negeri

Kartini, Srikandi inspirasi Bagi Negeri
Wulan Denura, S.ST, Anggota DPRD Payakumbuh dari fraksi Gerindra,
Minggu, 24 April 2016 07:04 WIB
Penulis: Trinanda
BERKAT perjuangan kartini, perempuan Indonesia bisa setara dalam hal mendapatkan pendidikan, bersosialisasi dengan masyarakat, sekarang bisa kerja, sama seperti kaum laki-laki. Maka, kemenangan yang seindah-indahnya dan sesyukar-syukarnya yang boleh direbut oleh manusia ialah menundukkan diri sendiri.

“Untuk mengenang dan menghargai perjuangan seorang pelopor gerakan emansipasi wanita, ada baiknya jika pada hari ini?, dan hari-hari selanjutnya?, kita membuka dialog tentang isu-isu kesetaraan gender yang masih marak di masyarakat kita dan mengingatkan mereka yang telah lupa akan makna perjuangan Kartini. Karena sesungguhnya mereka masih berada dalam kegelapan, “ujar salah seorang anggota DPRD Kota Payakumbuh dari kaum perempuan Wulan Denura, S.ST di Payakumbuh, Jumlat (22/4).
 
Diuraikan anggota DPRD Payakumbuh dari Partai Gerindra ini, mengunggah kalimat yang ia kutip dari pernyataan Raden Ajeng Kartini tersebut. Tepatnya, Kamis 21 April ini, pada saat sebagian warga Indonesia umumnya, Payakumbuh utamanya, dan terutama pula bagi kaum perempuan, memperingati Hari Kartini adalah “Srikandi inspirasi bagi negeri”.
 
Sosok Kartini selalu menyisakan sejuta inspirasi bagi kaum wanita Indonesia. Meski sosoknya telah lama pergi, semangat dan tekad perjuangannya untuk mengumandangkan emansipasi masih terpatri dalam sanubari masyarakat Indonesia.
 
Sebagai kaum perempuan, saya tak akan lupa tanggal 21 April adalah Hari Kartini. Bahkan, saya tidak akan pernah lupa akan sosok seorang pejuang yang dijunjung tinggi jasanya bagi negeri ini. Ambisinya untuk mendapatkan kesempatan belajar yang setara dengan kawan-kawan lelakinya tentunya adalah sebuah inspirasi bagi kita semua.
 
Kartini adalah alasan mengapa saya, seorang putri Indonesia, bisa mencapai pendidikan setinggi mungkin. Dalam lagu Ibu Kartini, ia disebut sebagai “putri sejati”, untuk lebih pasnya, saya memilih untuk menyebutnya sebagai “pejuang kesetaraan gender sejati”. Istilah yang panjang, tapi menurut saya sangatlah pantas.
 
Kartini adalah seseorang yang mengambil langkah pertama untuk memperjuangkan hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan, walaupun pada akhirnya Kartini pun terpaksa memotong singkat pendidikannya untuk menikah. Akan tetapi sosok “putri sejati” inilah yang dilukiskan pada era Orde Baru, ?sosok seorang wanita yang lebih mementingkan “kodrat”nya, untuk tetap berkutat di ranah domestic ?dan sosok inilah yang terus melekat.
 
Hingga saat ini, perempuan masih dicekoki dengan pemikiran bahwa “kodrat” perempuan adalah untuk menjadi ibu rumah tangga dan berkutat di dapur. Pemikiran sempit seperti inilah yang menghambat kesuksesan para perempuan yang berambisi di luar ranah domestik. Nyatanya, perempuan zaman sekarang masih harus menghadapi permasalahan yang sama dengan Kartini di masanya.
 
Pada Hari Kartini ini, saya berharap kita tidak sekedar berangkat ke sekolah atau kantor mengenakan kebaya atau batik. Tidak sekedar memasang status di Twitter, Facebook atau media sosial mengucapkan Selamat Hari Kartini. “Sesungguhnya kita tak ingin lagi kaum perempuan berada dalam kegelapan, “ujar Wulan. 

Editor:M.Siebert
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/